Arena GBK Ditutup Selama PPKM, Area Ring Road Dibuka Terbatas

Semua arena olahraga yang berada di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan ditutup selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) 11-25 Januari 2021.

Meskipun demikian, area ring road stadion GBK masih tetap buka dengan pembatasan ketat.

Direktur Umum Pusat Pengelola Kawasan Gelora Bung Karno (PPKGBK) Susan mengatakan kawasan olahraga tersebut tidak mungkin ditutup secara total. Pasalnya, masih ada pedagang retail dan restoran yang berada di area tersebut.

“Kalau kawasan GBK itu sebetulnya tidak ditutup, karena ada retail restoran tapi pengunjungnya dibatasi. Ukurannya parkiran hanya 25 persen sesuai batasan aturan pemerintah. Bisa dine in sesuai aturan PPKM. Tapi kalau venue olahraga lain semua ditutup. Booking pun di non aktifkan,” ucap Susan kepada CNNIndonesia.com, Senin (11/1).

PPKGBK merasa perlu untuk menutup arena olahraga yang ada, karena takut dapat menimbulkan kerumunan. Sedangkan area luar arena di kawasan GBK, selama menerapkan protokol kesehatan yang ketat dianggap masih aman.

Selain itu, kata Susan, manajemen GBK juga rajin mengingatkan perihal penerapan protokol kesehatan secara berkala yakni selama 30 menit sekali. Baik melalui pengeras suara maupun melalui petugas yang berkeliling area.

“Kalau ada pengunjung yang duduk-duduk, foto-foto berkerumunan kami usir. Kami lebih ketat kali ini menyesuaikan aturan pemerintah. Akses pintu masuk dan keluar juga hanya satu yang dibuka, yakni pintu V atau di depan FX,” ujarnya.

Menyoal ring road, Susan memastikan masih dibuka selama penerapan PPKM. Namun, PPKGBK akan melakukan evaluasi pada Jumat (15/1) mendatang.

Area ring road Stadion GBK biasanya digunakan pengunjung untuk olahraga lari atau sepeda. Area ring road dibuka mulai pukul 05.00 pagi sampai 18.00 WIB.

Pengunjung dibatasi 25 persen per sesi yakni setiap satu jam atau maksimal 2.000 orang per sesi. Di sela setiap sesi akan dijeda untuk dilakukan penyemprotan disinfektan.

“Kalau masih aman, akan kami lanjutkan. Hari ini saja pengunjung ring road hanya 500-an. Semua kami sesuaikan dengan aturan. Kami juga tidak mau melanggar takut terjadi kluster. Nanti kami aman evaluasi, kalau kapasitasnya naik, ring road bisa tidak dibuka,” kata dia.

Diketahui, Pemerintah DKI Jakarta mengikuti instruksi pemerintah pusat untuk menerapkan PPKM. Pemerintah pusat telah memutuskan pemberlakuan PPKM Jawa-Bali pada 11-25 Januari 2021.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *