Timnas U-19 Indonesia Tak Gentar Dihadang Cuaca Dingin Spanyol

Timnas U-19 Indonesia harus menghadapi cuaca dingin Spanyol dalam pemusatan latihan mereka. Meskipun demikian, mereka mengaku tak bermasalah dengan hal itu.

Bek Timnas U-19, Bagas Kaffa, menyatakan bahwa cuaca dingin bukan kendala bagi mereka untuk menjalani latihan secara maksimal. Menurut dia, hampir seluruh pemain Timnas U-19 saat ini sudah memiliki pengalaman menghadapi cuaca dingin di Eropa.

“Kami dalam kondisi baik semua disini dan terus bersemangat. Seluruh materi latihan dari pelatih kami nikmati dan jalani dengan maksimal,” ujarnya seperti dilansir laman resmi PSSI.

“Soal adaptasi cuaca, kami harus cepat beradaptasi. Saya kira tidak masalah dengan cuaca karena sebagian besar pemain pernah punya pengalaman berlatih di cuaca dingin Eropa,” kata pemain asal Barito Putera tersebut.

Kiper Timnas U-19 Indonesia, Erlangga Setyo, juga menyatakan tak mengalami masalah dengan cuaca dingin yang sedang terjadi di Spanyol saat ini.

“Adaptasi dengan cuaca dingin di Spanyol saya kira tidak ada kendala yang dirasakan oleh kami. Saat ini bagaimana kami bisa menjaga kondisi dengan baik dan tetap fokus,” kata Erlangga.

Timnas U-19 berada di Spanyol sejak 27 Desember lalu untuk menjalani pemusatan latihan. Mereka rencananya akan menggelar sejumlah laga uji coba melawan tim U-19 sejumlah klub di sana.

Bagas Kaffa cs akan berada di Negeri Matador hingga 31 Januari mendatang. Pemusatan latihan ini digelar sebagai persiapan mereka menghadapi Piala AFC U-19 yang akan digelar di Uzbekistan pada Maret 2021.

Sebenarnya mereka juga dipersiapkan untuk menghadapi Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Indonesia tahun depan. Akan tetapi FIFA telah memutuskan untuk mengundur pergelaran tersebut hingga 2023.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, pun meminta Timnas U-19 tak patah semangat karena gagal berlaga di Piala Dunia U-20. Mereka, menurut Iriawan, merupakan calon punggawa Timnas Senior Indonesia di masa depan.

“TC di Spanyol, kami harap dimanfaatkan dengan baik oleh pemain. Mereka harus bekerja keras dan terus bersemangat demi torehan positif di Piala AFC U-19. PSSI tetap berkomitmen terhadap timnas U-19. Meskipun Piala Dunia U-20 diundur ke tahun 2023, pemain ini adalah cikal bakal timnas U-23 maupun timnas senior nantinya,” kata Iriawan.

Sayangnya dalam pemusatan pelatihan kali ini Timnas U-19 tak dikawal oleh pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. Mereka dipimpin oleh Asisten Pelatih Nova Arianto sementara Shin Tae-yong saat ini berada di Jakarta untuk melakukan persiapan terhadap Timnas U-23 yang akan berlaga di SEA Games 2021.

 

Sumber : tempo.co
Gambar : Bola – Tempo.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *