Arab Saudi Perpanjang Larangan Masuk Terkait Varian Covid-19

Arab Saudi memperpanjang larangan masuk bagi semua negara selama satu pekan. Perpanjangan berlaku untuk transportasi darat, laut, dan udara.

Dalam sebuah pernyataan di kantor berita Saudi Press Agency (SPA), Kementerian Dalam Negeri Saudi mengatakan bahwa perpanjangan ini merupakan langkah antisipasi terhadap penyebaran varian baru virus korona (covid-19).

Varian baru covid-19 pertama kali terdeteksi di Inggris, dan belakangan dikonfirmasi muncul di sejumlah negara lain.

Dikutip dari laman Arab News pada Senin, 28 Desember 2020, terdapat pengecualian dalam larangan masuk ini, dan warga non-Saudi diperbolehkan meninggalkan wilayah kerajaan.

Kemendagri Saudi menekankan bahwa pihaknya terus memonitor situasi terkini, dan bukan tidak mungkin larangan masuk akan diperpanjang lagi.

Kemunculan varian baru covid-19 di Inggris memicu larangan perjalanan dari puluhan negara, termasuk Saudi. Varian baru itu kini telah muncul di sejumlah negara, termasuk di wilayah Timur Tengah.

Minggu kemarin, Yordania mengonfirmasi dua kasus varian baru covid-19 di tubuh seorang pria dan istrinya yang baru pulang dari Inggris.

Lebanon pada Jumat kemarin mengumumkan terdeteksinya kasus pertama varian baru covid-19 dalam sebuah penerbangan asal London.

Lebih dari 50 negara telah menerapkan larangan perjalanan terhadap Inggris. Afsel juga terkena larangan serupa, usai mengidentifikasi varian baru covid-19 meski rute evolusinya berbeda dari yang dideteksi di Inggris.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *