Balas Kunjungan Jokowi, Erdogan Siap ke Indonesia Tahun Depan

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berencana mengunjungi Indonesia tahun depan. Ini merupakan kunjungan balasan usai Presiden Joko Widodo mengunjungi Turki pada 2017.

Rencana kunjungan Erdogan disampaikan dalam pernyataan gabungan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menlu Turki Mevlut Cavusoglu di gedung Kemenlu RI di Jakarta pada Selasa, 22 Desember 2020.

“Kunjungan Erdogan akan menandai peningkatan hubungan Indonesia dan Turki ke tatanan baru,” ucap Menlu Retno dalam pernyataan yang disampaikan secara virtual kepada awak media.

Dalam kunjungan tahun depan, Erdogan dan Jokowi dijadwalkan meluncurkan High-Level Strategic Council (Dewan Strategis Tingkat Tinggi).

Nantinya, High-Level Strategic Council yang saat ini masih dalam penjajakan itu, akan menjadi forum bagi para pemimpin kedua negara untuk membahas secara regular berbagai isu strategis bilateral, regional dan multilateral yang menjadi kepentingan bersama.

“Setelah ini, Menlu Mevlut juga akan melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Joko Widodo,” tutur Menlu Retno.

Menlu Mevlut mengonfirmasi rencana kunjungan Erdogan, yang disebutnya akan dilakukan tahun depan tanpa menyebutkan bulan dan tanggalnya secara spesifik. “Hubungan presiden Erdogan dan Widodo yang terjalin semakin memperkuat hubungan bilateral kita di banyak area,” ucapnya.

“Tahun depan mungkin kita bisa merayakan (peringatan 70 tahun) hubungan diplomatik, karena tahun ini tidak memungkinkan,” sebut Menlu Mevlut.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *