Selandia Baru Gratiskan Vaksin bagi Warga dan Negara Tetangga

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, menggratiskan vaksin virus corona (Covid-19) bagi 5 juta penduduknya dan warga di enam negara kawasan Pasifik.

“Vaksin akan diberikan secara gratis kepada publik. Jika terbukti aman dan efektif oleh lembaga farmasi Selandia Baru, Medsafe, kami akan memperluas jangkauan vaksin bagi warga Selandia Baru dan negara tetangga,” kata Ardern melalui pernyataan yang dirilis melalui situs pemerintah Selandia Baru, Kamis (17/12).

Vaksin gratis itu rencananya akan diberikan Selandia Baru ke enam negara Pasifik seperti Tokelau, Kepulauan Cook, Niue, Samoa, Tonga, dan Tuvalu jika masing-masing negara menyetujuinya.

Pemerintahan Ardern juga berencana memberikan dana bantuan sebesar US$75 juta untuk membantu ketersediaan vaksin bagi negara di Pasifik dan dunia.

Hal itu disampaikan Ardern setelah pemerintah sepakat memesan total 18.32 juta dosis vaksin tambahan dari dua perusahaan farmasi, AstraZeneca dan Novavax. Jumlah vaksin itu cukup untuk 9,16 juta warga.

Selandia Baru juga telah memesan 750 ribu dosis vaksin dari Pfizer/BioNTech, 5 juta vaksin dari Janssen, 3.8 juta vaksin dari the University of Oxford/AstraZeneca, dan 5.36 juta dari Novavax.

“Strategi kami membeli beberapa jenis vaksin yang berbeda adalah untuk memastikan jika beberapa di antaranya tidak efektif atau tidak sukses dalam pengembangan serta uji coba, kami masih memiliki sejumlah alternatif vaksin yang tersedia,” papar Ardern.

Ardern mengatakan vaksinasi virus corona akan menjadi imunisasi terbesar dalam sejarah yang pernah dilakukan Selandia Baru, bahkan dunia.

Ardern tidak mengungkap berapa biaya yang dikeluarkan Selandia Baru untuk membeli jutaan vaksin tersebut.

“Tidak pernah sebelumnya seluruh populasi di dunia melakukan vaksinasi di satu waktu bersamaan. Vaksinasi ini membutuhkan waktu hingga beberapa bulan,” ujar Ardern seperti dilansir Radio New Zealand.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *