WHO: Pakai Masker Selama Bertemu Keluarga Saat Natal

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendesak seluruh masyarakat untuk tetap memakai masker saat bertemu dengan keluarga di Hari Natal. Imbauan ini ditujukan kepada seluruh masyarakat dunia, khususnya warga Eropa.

Pasalnya, Eropa memiliki risiko tinggi gelombang baru infeksi virus korona (covid-19). Mereka menilai kasus penularan virus di Benua Biru tetap tinggi.

Negara-negara di benua itu telah mendaftarkan ribuan kasus baru dengan ratusan kematian setiap harinya. Jerman termasuk di antara negara yang memperketat pembatasan dengan menutup sekolah dan bisnis yang tidak penting.

“Mungkin terasa canggung untuk memakai masker dan mempratikkan jarak fisik saat berada di sekitar teman dan keluarga. Tapi melakukan hal itu berkontribusi secara signifikan untuk memastikan bahwa semua orang tetap aman dan sehat,” kata WHO dalam pernyataan mereka, dilansir dari BBC, Kamis, 17 Desember 2020.

“Orang yang rentan dan teman yang lebih tua atau kerabat mungkin merasa sangat sulit untuk meminta orang yang mereka cintai menjauh secara fisik, terlepas dari kecemasan atau kekhawatiran yang mereka miliki,” imbuh WHO.

“Pertimbangkan apa yang mungkin dirasakan orang lain dan keputusan sulit yang akan mereka hadapi.”

Pernyataan WHO juga mendesak orang untuk menghindari menggunakan angkutan umum yang ramai dan menyarankan agar negara-negara dengan resor ski mengambil langkah-langkah untuk menyesuaikannya agar tidak berdesakan selama musim ski.

Di sisi lain, Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen mengatakan vaksin covid-19 pertama akan diizinkan penggunaannya dalam waktu sepekan. Ia menuturkan bahwa vaksin yang dikembangkan Pfizer dan BioNTech akan segera diluncurkan di blok itu seminggu lebih awal dari perkiraan semula.

Penggunaan masker saat disarankan di masa pandemi covid-19.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun.

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *