Setelah Putin, Giliran Bolsonaro Ucapkan Selamat kepada Biden

Presiden Brasil Jair Bolsonaro akhirnya mengucapkan selamat kepada presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden. Ucapan selamat disampaikan lebih dari satu bulan usai berakhirnya pemilihan umum presiden AS pada 3 November lalu.

Bolsonaro mengaku “siap bekerja sama” dengan Biden yang akan resmi menjabat sebagai presiden ke-46 AS pada Januari 2021.

“Ucapan selamat saya sampaikan kepada Joe Biden. Saya berharap Amerika Serikat akan terus menjadi tanah kebebasan dan rumah bagi para pemberani,” kata Bolsonaro via Twitter, dilansir dari laman Anadolu Agency pada Rabu, 16 Desember 2020.

Saat sebagian pemimpin dunia mengucapkan selamat kepada Biden sepanjang bulan lalu, Bolsonaro memilih diam. Selama masa kampanye pemilu AS, Bolsonaro secara terbuka mendukung petahana Donald Trump.

Ia bahkan sempat mengaku akan datang sendiri ke acara pelantikan Trump. Namun saat para Electoral College dari semua negara bagian AS bertemu dan meresmikan kemenangan Biden, Bolsonaro akhirnya mengucapkan selamat.

Tidak hanya Bolsonaro, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador juga memilih diam sepanjang bulan lalu. Namun kini, keduanya sudah mengucapkan selamat kepada Biden.

Bolsonaro sempat bersitegang dengan Biden semasa kampanye pemilu AS. Ketegangan dipicu pernyataan Biden dalam sebuah debat pada September, yang mengatakan bahwa Brasil akan menghadapi “konsekuensi ekonomi” karena gagal memerangi deforestasi Hutan Amazon.

Merespons Biden, Bolsonaro mengatakan bahwa Brasil tidak akan menerima “ancaman pengecut terhadap integritas wilayah dan ekonomi kami.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *