Tak Sekadar Fasilitas Top, PSSI Pasang Kriteria Tinggi untuk Lokasi TC Timnas U19

Pemusatan latihan keluar negeri kini menjadi hal penting dalam persiapan Timnas U19 menuju Piala Dunia U20 2021. Oleh karena itu, PSSI tak mau salah pilih tempat dalam menentukan pilihan. Lokasi pemusatan latihan yang berkualitas akan menciptakan ekosistem mumpuni sehingga akan berujung pada peningkatan performa timnas baik secara individu maupun keseluruhan. “Jadi, kami memilih Kroasia karena negara tersebut berada di papan atas ranking FIFA. Mereka (Timnas U-19) progress luar biasa di sana,” kata ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. “Sampai terakhir mengalahkan Hajduk Split 4-0. Itu adalah ranking pertama U19 di Kroasia, tidak pernah kalah 9 kali pertandingan,” imbuhnya.

Pria yang biasa disapa Iwan Bule pun senang pemerintah memberikan dukungan penuh kepada PSSI. Sehingga, pihaknya bisa lebih bebas menentukan lokasi berdasarkan kriteria pertimbangan tertinggi. Tak main-main, Spanyol pun dipilih sebagai negara untuk menyelenggarakan pemusatan latihan Shin Tae-yong dan pasukannya mendatang. Lihat Foto Luah Fynn Jeremy Mahesa, pemain keturunan Jerman yang dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan timnas U19 Indonesia di Kroasia.

“Dukungan Pak Menteri luar biasa. Insya Allah pada akhir bulan atau awal bulan nanti mereka akan berangkat,” tutur Ibul lagi. “Yang sudah kami surat menyurat dan urus visa adalah Spanyol. Kenapa Spanyol? Karena sepak bolanya maju dan mereka juga ranking 5 besar FIFA,“ sambungnya.

Lebih lanjut, Mochamad Iriawan mengatakan kriteria tinggi yang dipasang tidak mengindahkan kebutuhan pemain itu sendiri. Semua aspek ikut diperhatikan dan dipertimbangkan PSSI dengan seksama. “Jadi, kami akan berangkat dan alhamdulillah disana tidak karantina. Suhunya 22-25 derajat, sedangkan kalau kita ke Korea Selatan suhunya bisa di bawah 0 saat Desember. Sedangkan pada Piala Dunia U20 nanti suhunya Indonesia,” kata pria berusia 58 tahun tersebut.

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *