Joe Biden Dikabarkan Pilih Jenderal Afrika-Amerika untuk Pimpin Pentagon

Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden memilih pensiunan Jenderal Angkatan Darat AS Lloyd Austin untuk memimpin Pentagon. Jika dikonfirmasi, dia akan menjadi kulit hitam pertama yang memimpin Kementerian Pertahanan.

Kabar ini dilaporkan oleh situs berita Politico pada Senin 7 Desember waktu AS. Politico menyebutkan, “Presiden terpilih Joe Biden telah memilih pensiunan jenderal Angkatan Darat AS untuk memimpin Kementerian Pertahanan dalam pemerintahannya”.

“Lloyd Austin, seorang jenderal bintang empat dengan pengalaman lebih dari empat dekade di militer, adalah salah satu kandidat utama Kabinet Biden,” sebut tiga orang sumber kepada Politico, yang dikutip The New York Times, Selasa 8 Desember 2020.

Nama Austin adalah salah satu dari beberapa nama yang muncul dalam beberapa pekan terakhir, termasuk Michèle Flournoy, mantan wakil menteri pertahanan kebijakan. Selama ini Flournoy yang secara luas diyakini sebagai pelopor untuk posisi teratas Pentagon dan dipersiapkan untuk menjadi perempuan pertama yang memimpin kementerian itu.

“Jika dikonfirmasi oleh Senat, Austin akan menjadi menteri pertahanan kulit hitam pertama di AS,” imbuh laporan Politico.

Tim transisi Biden telah mempertimbangkan faktor-faktor lain selain pengalaman untuk pemilihan mereka, termasuk pemilihan kandidat, kata sumber yang tidak disebutkan namanya dalam laporan Axios sebelumnya. Mantan wakil presiden itu dikritik oleh beberapa politikus Partai Demokrat karena tidak menyebut kandidat berkualifikasi kulit berwarna untuk pemilihan Kabinetnya.

Perwakilan Demokrat James Clyburn dari South Carolina mengatakan kepada The Hill pada akhir November bahwa meskipun dia mendengar kandidat kulit hitam “diberi pertimbangan yang adil,” hanya satu orang kulit hitam yang ditunjuk untuk kabinet Biden. Mantan diplomat Linda Thomas-Greenfield, seorang wanita kulit hitam, terpilih menjadi duta besar PBB berikutnya.

Sejak itu, Biden telah memilih staf kulit hitam lainnya untuk posisi tingkat Kabinet, termasuk Cecilia Rouse sebagai ketua Dewan Penasihat Ekonomi.

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *