Xi Jinping Bertekad Jaga ‘Ukuran Super’ Ekonomi China

Presiden China Xi Jinping bersumpah menjadikan negaranya sebagai pusat atau titik poros perdagangan bebas global. Ia juga bersumpah menjaga ekonomi negaranya tetap berukuran super dan tetap terbuka.

Sumpah ia sampaikan dalam Forum APEC yang digelar secara daring pada Kamis (19/11) ini.

Dia juga bersumpah terbuka untuk berdagang dan melawan segala upaya yang dilakukan sejumlah pihak untuk memisahkan ekonomi China dengan dunia.

Sumpah itu merupakan satu-satunya komentar yang pernah diberikan Xi setelah AS di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump melancarkan perang dagang terhadap negaranya.

“Keterbukaan memungkinkan suatu negara untuk bergerak maju sementara pengasingan menahannya. China akan secara aktif bekerja sama dengan semua negara, wilayah, dan perusahaan yang ingin melakukannya. Kami akan terus memegang tinggi panji keterbukaan dan kerja sama,” katanya seperti dikutip dari AFP, Kamis (19/11).

Forum Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) diadakan secara online pada Kamis (19/11) ini karena pandemi virus corona.

Forum mempertemukan 21 negara di Lingkar Pasifik, termasuk dua ekonomi terbesar dunia yang menyumbang sekitar 60 persen dari PDB global. Itu digelar seminggu setelah China dan 14 negara Asia-Pasifik lainnya menandatangani kesepakatan perdagangan bebas terbesar di dunia.

Tidak jelas apakah Trump, yang sedang mengalami pukulan telak karena kekalahan dalam pilpres AS, akan mengambil bagian dalam KTT atau hanya akan mengirim delegasi tingkat tinggi untuk menggantikannya.

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNBC Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *