Beberapa Negara Bagian AS Antisipasi Kerusuhan Selama Pilpres

Sejumlah negara bagian di Amerika Serikat mengantisipasi potensi terjadinya kerusuhan selama dan sesudah pemilihan umum presiden pada Selasa, 3 November 2020. Antisipasi dilakukan terlepas dari apapun hasil pilpres AS tahun ini.

Menurut laporan Military Times, dan dikutip olehGuardian, lebih dari 3.600 personel keamanan — termasuk Garda Nasional — sudah disiagakan di sejumlah negara bagian AS.

Di Massachusetts, Gubernur Charlie Baker telah menyiagakan 1.000 personel Garda Nasional. Sementara Gubernur Oregon Kate Brown telah mendeklarasikan status darurat mulai Selasa petang, tepatnya pukul 17.00 waktu setempat hingga 17.00 Rabu besok.

Seperti di Massachusetts, Oregon juga menyiagakan jajaran personel Garda Nasional.

Garda Nasional juga akan disiagakan di sejumlah titik di Arizona. Gubernur Texas Greg Abbott pekan kemarin telah memutuskan untuk mengerahkan 1.000 personel keamanan ke beberapa kota besar.

Tidak hanya menjaga keamanan, sejumlah penjaga juga dikerahkan untuk membantu tugas lain seputar pilpres AS, termasuk membantu panitia pemungutan suara dalam menegakkan protokol kesehatan virus korona (covid-19).

Jajak pendapat terakhir dari dua negara besar AS, NBC News dan Wall Street Journal, memperlihatkan bahwa Joe Biden dari Partai Demokrat unggul 10 poin dari petahana Donald Trump di level nasional.

Survei tersebut juga memperlihatkan Biden unggul 6 poin atas Trump, 51 persen berbanding 45 persen, di 12 negara bagian krusial seperti Arizona, Florida, Georgia, Iowa, Maine, Michigan, Minnesota, North Carolina, New Hampshire, Nevada, Pennsylvania, dan Wisconsin.

Dalam survei pada Minggu, 1 November itu, Biden unggul atas Trump di kalangan pemilih etnis Afrika Amerika (87 persen berbanding 5 persen), pemuda usia 18 dan 34 (60 persen berbanding 42 persen), orang lanjut usia (58 persen berbanding 35 persen), perempuan (57 persen berbanding 37 persen), kulit putih lulusan universitas (56 persen berbanding 41 persen), dan independen (51 persen berbanding 36 persen).

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *