PSSI Pastikan TC Timnas U19 Indonesia Dilanjutkan, Belanda Prioritas

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan training camp (TC) atau pemusatan latihan timnas U19 Indonesia akan dilanjutkan dengan Belanda sebagai negara tujuan utama. Hal itu diungkapkan Mochamad Iriawan setelah menyambut kedatangan timnas U19 Indonesia di Jakarta, Selasa (27/10/2020) malam WIB. Rombongan timnas U19 Indonesia akhirnya pulang ke Tanah Air setelah hampir dua bulan melakukan pemusatan latihan di Kroasia. Skuad Garuda Nusantara pada awalnya direncanakan melanjutkan pemusatan latihan di Perancis pada Desember 2020 hingga Januari 2021.

Namun, rencana itu batal karena Perancis sedang menghadapi gelombang kedua pandemi virus corona. Setelah TC di Perancis dipastikan batal, manajer sekaligus pelatih timnas U19 Indonesia, Shin Tae-yong, bersama PSSI langsung menyusun rencana baru. Hasilnya, terdapat empat pilihan negara yang kemungkinan akan menjadi lokasi pemusatan latihan timnas U19 Indonesia. Empat negara itu adalah Belanda, Australia, Jepang, hingga tanah kelahiran Shin Tae-yong, Korea Selatan. Dari empat negara itu, Belanda menjadi prioritas utama PSSI.

“Kami sudah dipastikan batal ke Perancis. Sebagai pengganti, target utama kami adalah Belanda, kemudian Jepang, atau Korea Selatan,” kata Mochamad Iriawan.

“Setelah ini, kami akan mengadakan rapat khusus dengan tim kepelatihan timnas U19 Indonesia untuk meminta penjelasan bagaimana program berikutnya,” ucap Mochamad Iriawan.

“Kami pastikan pemusatan timnas U19 Indonesia selanjutnya tetap di luar negeri.”

“Kami ( PSSI) dan pemerintah siap memberangkatkan timnas U19 Indonesia ke mana pun,” tutur pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Lebih lanjut, Iwan Bule menilai, para pemain timnas U19 Indonesia mendapatkan banyak manfaat dari pemusatan latihan di Kroasia.

Selama di Kroasia, timnas U19 Indonesia menjalani 11 laga uji coba dengan rincian meraih lima kemenangan, tiga hasil imbang, dan baru menelan tiga kekalahan.

Perkembangan para pemain di Kroasia membuat PSSI mendukung rencana pemusatan latihan lanjutan di luar negeri.

Iwan Bule menyebut, saat ini, PSSI sudah menghubungi tiga negara tujuan pemusatan latihan lanjutan timnas U19 Indonesai dan kini tinggal menunggu konfirmasi.

“Selama dua bulan di Kroasia, kualitas para pemain meningkat karena banyak mendapat pengalaman,” kata Iwan Bule.

“Dari analisa sementara, mereka banyak kemajuan. Shin Tae-yong menilai mental bertanding pemain saat ini sudah 80 persen,” ucap Iwan Bule menambahkan.

“Belanda masih belum ada kabar. Begitu juga Jepang dan Korea Selatan. Jika Eropa tidak memungkinkan, mungkin kita akan ke Jepang,” tutur Iwan Bule.

Setelah ini, timnas U19 Indonesia akan dikembalikan ke klub masing-masing sembari menunggu jadwal pemusatan latihan lanjutan. Meski demikian, Shin Tae-yong tetap memantau kondisi setiap pemain timnas U19 Indonesia selama jeda melalui program latihan khusus. Shin Tae-yong sendiri dikabarkan akan kembali ke Korea Selatan pada awal November 2020.

Pemusatan latihan di Kroasia dan merupakan bagian dari persiapan timnas U19 Indonesia menghadapi Piala Asia U19 dan Piala Dunia U20 2021. Piala Asia U19 yang awalnya digelar pada Oktober 2020 di Uzbekistan sudah ditunda dua kali karena pandemi virus corona. Meski belum ada pengumuman resmi, Piala Asia U19 kemungkinan besar baru akan dimulai pada Februari 2021. Adapun Piala Dunia U20 2021 dengan Indonesia sebagai tuan rumah dijadwalkan digelar pada Mei sampai Juni 2021.

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas Bola

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *