Vanessa Angel Dituntut 6 Bulan Penjara, Ajukan Pleidoi hingga Tak Mau Dipisahkan dengan Anak

Terdakwa kasus penyalahgunaan narkoba yang melibatkan Vanessa Angel kembali bergulir sidang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat, Kamis (15/10/2020). Sidang tersebut beragendakan pembacaan tuntutan dari jaksa penuntut umum atas kasus tersebut. Sebagai pengingat, Vanessa Angel ditangkap kepolisian bersama suaminya, Bibi Ardiansyah, serta asistennya di kawasan Kembangan, Jakarta Barat, pada Maret 2020.

Dari hasil penangkapan, polisi menyita barang bukti berupa 20 butir pil Xanax dengan detail 15 butir ditemukan di laci meja televisi kamar Vanessa dan 5 butir dalam tas Vanessa. Kompas.com telah merangkum beberapa fakta terkait sidang tuntutan yang dijalani Vanessa Angel.

Berdasarkan pembacaan tuntutan dari jaksa penuntut umum, Vanessa Angel dituntut enam bulan penjara dan harus membayar denda Rp 10 juta. “Menyatakan terdakwa Vanessa Adzania alias Vanessa binti Dodi Sudrajat terbukti secara meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana tanpa hak memiliki, menyimpan, dan atau membawa psikotropika berupa 20 butir pil Xanax,” kata jaksa dalam persidangan.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Vanesza Adzania alias Vanessa binti Dodi Sudrajat dengan pidana penjara selama enam bulan dikurangi penahanan sementara dan denda sebesar Rp 10 juta subsider tiga bulan,” tambah jaksa.

Dengan adanya tuntutan 6 bulan penjara serta denda Rp 10 juta, pihak Vanessa Angel melalui kuasa hukumnya, Arjana Bagaskara, akan mengajukan pleidoi atau nota pembelaan. Untuk saat ini, Arjana tengah mempersiapkan nota pembelaan tersebut yang bakal dibacakan pada 26 Oktober mendatang.

“Kami sudah dengar tuntutan dan kami percaya pasti yang paling adil untuk Jaksa dan tanggal 26 Oktober kami akan mempersiapkan pembelaan atau pleidoi dari Vanessa Angel,” ucap Arjana.

Vanessa Angel turut menanggapi terkait tuntutan yang dilayangkan jaksa kepadanya. Ia hanya berharap untuk tak dipisahkan dari anaknya.

Selebihnya, Vanessa Angel enggan memberikan jawaban. “Saya cuma bisa berdoa semoga aku dan anak aku tidak dipisahkan, bagaimanapun aku seorang ibu,” tutur Vanessa Angel seusai sidang.

Sumber : kompas.com
Gambar : Tribunnews.com

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *