Kasus Covid-19 Menanjak, Ceko Tutup Bar dan Restoran

Pemerintah Ceko akan menutup operasional restoran dan bar mulai Rabu, 14 Oktober hingga Selasa, 3 November 2020. Kebijakan itu ditempuh seiring peningkatan jumlah kasus positif covid-19.

Selain itu, pemerintah setempat juga melarang warganya minum alkohol di tempat umum selama periode pembatasan.

“Kami hanya punya satu kesempatan dan itu harus berhasil,” ujar Perdana Menteri Ceko Andrej Babis kepada media, dikutip dari AFP, Selasa (13/10).

Negara berpenduduk 10,7 juta itu mencatatkan empat rekor harian kasus baru pada pekan lalu, dengan 8.618 kasus baru pada Jumat (9/10).

Per Senin (12/10), Kementerian Kesehatan setempat mencatat jumlah kasus covid-19 mencapai 119.007 orang dengan 1.045 di antaranya berujung pada kematian.

Awal pekan ini, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa menyatakan Ceko mencatatkan pertumbuhan dua mingguan tercepat per 100 ribu penduduk di Uni Eropa.

Ceko mencatat 493 kasus per 100 ribu orang, naik dari 398 pada Jumat lalu dan menyalip posisi Belgia dengan 402,5 kasus.

“Kami harus mengambil langkah-langkah yang dapat membalikkan tren dalam dua atau tiga pekan, jika tidak kami akan kehabisan kapasitas rumah sakit,” ujar Menteri Kesehatan Ceko Roman Prymula.

Saat ini, pertemuan hanya diizinkan untuk dihadiri maksimal 6 orang. Selain itu, sekolah dasar akan menerapkan pembelajaran jarak jauh seperti yang lebih dulu diterapkan oleh sekolah menengah dan universitas.

Kenaikan kasus corona di Ceko terjadi menyusul pelonggaran pembatasan yang diberlakukan pada musim panas lalu.

Pemerintah setempat telah mewajibkan warganya untuk mengenakan masker di dalam ruangan, mengurangi jumlah orang dalam kegiatan di dalam dan luar ruangan, serta menutup kolam renang, kebun binatang, dan gim.

Mulai awal pekan ini, pemerintah juga menunda kegiatan olah raga dan menutup bioskop hingga museum.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *