Respek untuk Shin Tae-yong dan Timnas U19 di Tengah Situasi Tak Tentu

Perkembangan timnas U19 Indonesia ikut mendapatkan apresiasi dari asisten pelatih Persela Lamongan, Didik Ludiyanto. Pelatih yang banyak berkecimpung di dunia pengembangan usia dini tersebut salut dengan pelatih Shin Tae-yong dan anak asuhnya yang tetap fokus meskipun kompetisi dalam keadaan tidak pasti. “Sangat respek dengan kepelatihan Shin Tae-yong. Dalam situasi kompetisi tidak menentu, mereka tetap fokus dalam persiapan untuk Piala Dunia 2021. Semoga hasilnya maksimal,” kata pelatih yang pernah mengantarkan Persela U21 juara ISL (Indonesia Super League) itu kepada Kompas.com. Menurut Didik Ludiyanto, banyak perkembangan yang ditunjukkan Witan Sulaeman dan kawan-lawan.

Namun, baginya, yang paling menonjol adalah fisik pemain, khususnya saat melakukan pressing-pressing kepada lawan. Dia juga melihat program program-program pilihan yang diberikan Shin Tae-yong juga sangat bagus dan membangun. Hal itu dibuktikan dengan perubahan permainan tim Garuda Muda saat menjalani beberapa sesi uji coba. Sekarang tinggal bagaimana timnas bisa memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk memaksimalkan persiapan. “Namun, program bagus, materi bagus, manajemen bagus, tidak menjamin sebuah tim menjadi bagus. Akan tetapi, minimal menjadi jembatan perantara untuk mendekati dan membentuk sebuah tim yang ideal,” ucap pria yang juga sebagai pegawai negeri sipil ini.

Selain kematangan fisik dan teknik, Didik Ludiyanto juga mengingatkan pentingnya kematangan mental pemain. Sebab, ketika menjadi sebuah kesatuan, harmoni yang menciptakan sebuah permainan yang apik. Dengan kematangan di segala sisi, dia yakin timnas U19 bisa bersaing di Piala Dunia U20 nanti.

“Doktrin mental pemain juga harus disiapkan sejak dini. Kalau secara fisik, teknik, dan mental bagus insya Allah hasilnya akan maksimal,” ucapnya. “Bismillah semoga tahun 2021 timnas U19 sebagai tuan rumah bisa maksimal hasilnya,” katanya.

 

Sumber : kompas.com
Gambar : PSSI

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *