Corona Tinggi, Kepercayaan Warga ke Duterte Naik Drastis

Presiden Rodrigo Duterte masih mendapat kepercayaan dari mayoritas warga Filipina kendati kasus infeksi virus corona di sana terus meningkat. Kinerja Duterte dianggap meningkat selama pandemi Covid-19.

Dalam jajak pendapat yang dilakukan oleh Pulse Asia, tingkat kepercayaan warga FIlipina terhadap Duterte meningkat menjadi 91 persen dari 87 persen pada Desember 2019 lalu.

Survei yang melibatkan 1.200 orang dewasa yang dilakukan dari 14 hingga 20 September ini menunjukkan bahwa kepercayaan warga tak terpengaruh kendati Filipina menjadi negara dengan kasus corona tertinggi di Asia Tenggara.

Peringkat kepercayaan terhadap Duterte naik kendati Filipina masuk dalam salah satu negara yang paling lamban menangani pandemi.

Hingga saat ini Filipina berada di urutan ke-19 global dan peringkat pertama kasus corona di Asia Tenggara dengan 324.762 infeksi dan 5.849 kematian.

Sejak awal pandemi, Duterte dinilai lambat mengambil kebijakan untuk menghalau penularan virus corona. Duterte sempat memberlakukan penguncian nasional ketika kasus melonjak dan mulai melonggarkan kendati penularan komunitas masih banyak ditemui.

Kenaikan kepercayaan tertinggi berasal dari sektor sosial ekonomi termiskin, kelas e yakni 11 persen. Sementara dari kelas ekonomi d meningkat sebanyak dua persen. Dari kelas a, b ,dan c justru mengalami penurunan kepercayaan sebesar satu persen.

Survei ini sekaligus menyangkal perkiraan banyak pihak jika kepercayaan warga akan menurun seiring dengan lambannya respons Duterte dalam hal penanganan pandemi.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *