Cara Pelatih Arema FC Siasati Lanjutan Liga 1 2020 yang Masih Abu-abu

Pelatih baru Arema FC, Carlos Oliveira, memaklumi ketidakpastian yang masih melingkupi lanjutan Liga 1 2020 di Indonesia.

Perkembangan Covid-19 di seluruh dunia membuatnya sadar akan ada banyak hal di luar ekspektasi bermunculan.

Oleh karena itu, jauh sebelum kompetisi ditunda, dia sudah berpikir fleksibel dalam merumuskan program latihan untuk anak asuhnya.

Pelatih asal Brasil tersebut mengatakan saat ini dia menyusun program berdasarkan jadwal yang diberikan dengan rentang waktu yang cenderung pendek.

“Program yang saya jalankan tergantung pada jadwal kompetisi yang berjalan dalam satu pekan,“ kata pelatih yang pernah menukangi Becamex Binh Duon tersebut.

“Jadi saya akan mendapatkan jadwal untuk satu pekan atau dua pekan, kemudian saya akan menyusun program berdasarkan jadwal tersebut. Entah itu perjalanan, pertandingan kandang, maupun pertandingan tandang. Semua tergantung pada jadwal yang diberikan.”

Namun, baik sebelum maupun penundaan, tidak ada jadwal kompetisi yang bisa dipakai pegangan.

Carlos Oliveira pun memberikan program latihan yang lebih panjang, dalam artian program yang ditargetkan untuk persiapan beberapa pekan sekaligus.

Dia sendiri mengakui menyusun program tanpa patokan kendala tersendiri. Namun, sebagai profesional ia enggan terlalu banyak alasan.

Yang terpenting baginya adalah apa yang bisa dilakukan sekarang, terlebih untuk saat ini tim juga tidak memiliki banyak pilihan.

“Pelatih dan pemain tidak tahu pasti kondisi yang akan terjadi, lantas apakah kami harus meratapi kondisi ini? Ini kondisinya dan ini yang akan kami jalani,” ujar pelatih berusia 59 tahun itu.

“Saya di sini dan mari kita melakukan apa yang kita bisa, kami bisa melakukan hal terbaik yang bisa kami lakukan. Kami akan melaluinya dari hari ke hari,” tutur Oliveira.

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *