Liga 2 2020 Diundur, Pelatih PSIM: Program Kacau, Psikologis Pemain Terpengaruh

Keputusan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menunda jadwal kompetisi Liga 2 2020 yang semestinya digulirkan pada 17 Oktober dinilai cukup mempengaruhi banyak hal bagi tim.

Tak hanya Liga 1, PSSI dan PT LIB juga memutuskan mengundur pelaksanaan Liga 2 sebulan atau hingga pertengahan November 2020 nanti.

Penundaan Liga 1 dan 2 itu menyusul karena tak akan adanya izin keramaian yang bakal dikeluarkan pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) karena masih tingginya kasus Covid-19 di tanah air.

Pelatih klub Liga 2 PSIM Yogyakarta Seto Nurdiyantoro menuturkan sisi negatif dari keputusan itu berpengaruh setidaknya pada dua hal.

Pertama dari sisi psikologis pemain dan kedua program yang sudah disusun internal tim.

“Dari sisi psikologis, pemain sebenarnya sudah siap untuk berkompetisi (namun kompetisi diundur lagi). Jadi sekarang kami coba mengatur dan memberikan motivasi kepada pemain,” ujar Seto, Rabu 30 September 2020.

Seto menuturkan, jajaran pelatih Laskar Mataram pun kini harus memutar otak, meramu ulang lagi program menuju kompetisi dimulai. Walau dengan perasaan gamang apakah November nanti kompetisi benar benar berjalan sesuai yang dijadwalkan ulang.

“Sisi negatif lagi dari pengunduran kompetisi itu, program yang sudah berjalan dan kami siapkan sampai tanggal 19 Oktober akhirnya kacau lagi,” ujar eks pelatih PSS Sleman itu.

Seto mengaku dalam meracik ulang materi bagi anak asuhnya itu, ia dan tim pelatih perlu mengubah bagaimana pola latihan untuk mematangkan fisik juga teknik.

Seto menuturkan, PSIM saat ini hanya bisa melanjutkan persiapan menatap kompetisi yang diharapkan benar-benar bisa dilaksanakan pada November nanti.

Meski memiliki dampak negatif, Seto Nurdiyantoro menuturkan ada sisi positif yang dipetik dari penundaan kompetisi itu di tengah pandemi yang belum menentu ini.

“Ada sisi negatif ada juga sisi positif, maksud saya mungkin sisi positifnya karena waktu persiapan tim untuk bertanding jadi agak lama, ada tambahan waktu untuk lebih mematangkan,” ujarnya.

PSIM Yogyakarta dalam Liga 2 2020 ini tergabung di Grup C yang dihuni oleh klub seperti AS Tiga Naga, Martapura FC, Mitra Kukar, Putra Sinar Giri, dan tuan rumah PSPS Riau. Seluruh laga grup tersebut akan dimainkan di Stadion Kaharudin Nasution, Pekanbaru.

 

Sumber : tempo.co
Gambar : Tribunnews.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *