Poling Menyebutkan Joe Biden Menang Debat Presiden AS dari Trump

Debat Presiden Amerika Serikat (AS) yang pertama dari tiga seri akhirnya selesai. Debat yang memperlihatkan pertarungan Joe Biden dan Donald Trump dipenuhi dengan hujan interupsi petahana.

Namun poling dari CNN, pada Rabu 30 September 2020 menyebutkan bahwa Joe Biden memenangkan debat pertama di Cleveland, Ohio tersebut.

“Sebanyak enam dari 10 pengamat debat mengatakan mantan Wakil Presiden Joe Biden melakukan pekerjaan terbaik dalam debat malam ini. Hanya 28 persen mengatakan Presiden Donald Trump melakukannya,” menurut poling pengamat debat CNN yang dilakukan oleh SSRS.

“Dalam wawancara dengan pemilih yang sama yang dilakukan sebelum debat, 56 persen mengatakan mereka mengharapkan Biden melakukan pekerjaan yang lebih baik, sementara 43 persen mengharapkan Trump melakukannya,” jelasnya.

Hasil pascadebat hampir sama dengan hasil polling pascadebat pada 2016 setelah debat pertama antara Trump dan Hillary Clinton. Dalam jajak pendapat itu, 62 persen berpendapat Clinton memenangkan debat, 27 persen mengatakan Trump menang.

Sekitar dua pertiga mengatakan jawaban Biden lebih jujur daripada Trump (65 persen untuk Biden dan 29 persen Trump), dan serangannya terhadap Presiden lebih sering dianggap adil.

“Secara keseluruhan, 69 persen menyebut serangan Biden terhadap Trump adil, sementara hanya 32 persen yang mengatakan serangan Trump adil,” imbuh hasil poling itu.

Survei ini dirancang untuk mewakili para pemilih terdaftar yang menonton debat malam ini dan tidak mewakili pandangan semua orang Amerika. Para pemilih yang menonton debat lebih partisan daripada orang Amerika secara keseluruhan. 35 persen diidentifikasi sebagai independen atau non-partisan dibandingkan dengan sekitar 40 persen di masyarakat umum.

Kelompok pengamat debat lebih Demokrat daripada survei tipikal semua orang dewasa dengan 39 persen mengidentifikasi sebagai Demokrat dan 25 persensebagai Republik.

Jajak pendapat pascadebat CNN dilakukan oleh SSRS melalui telepon dan mencakup wawancara dengan 568 pemilih terdaftar yang menonton debat 29 September. Hasil di antara pengamat debat memiliki margin kesalahan pengambilan sampel plus atau minus 6,3 poin persentase.

Responden awalnya diwawancarai pada 22-27 September baik melalui telepon atau online, dan mengindikasikan bahwa mereka berencana untuk menonton debat dan bersedia untuk diwawancarai kembali setelah debat selesai. Responden yang awalnya dihubungi secara online adalah anggota Panel Opini SSRS, panel berbasis probabilitas yang mewakili nasional.

Tidak hanya CNN, CBS News juga mengumumkan hasil debat dimenangkan oleh Biden. Bekerja sama dengan YouGov, CBS News menyebutkan 48 persen orang yakin bahwa Biden menang debat, sedangkan 41 persen menjagokan Trump.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : MataMataPolitik

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *