Oman Akan Buka Perbatasan Darat Awal Oktober

Oman akan membuka kembali perbatasan darat mereka pada 1 Oktober mendatang. Saat dibuka nanti, orang-orang dapat keluar dan masuk ke Oman dari seluruh pelabuhan.

Rencana membuka perbatasan darat ini disampaikan meski penyebaran virus korona (covid-19) di Timur Tengah, termasuk Oman, belum terkendali sepenuhnya.

“Pelabuban darat akan dibuka mulai 1 Oktober 2020, untuk akses masuk dan juga keluar,” kata seorang pejabat Oman kepada media Times of Oman, Rabu 23 September 2020.

Tes PCR covid-19 diwajibkan bagi siapapun yang ingin memasuki wilayah Oman. Setelah masuk ke Oman, individu bersangkutan juga diwajibkan menjalani karantina selama 14 hari.

Selain pelabuhan, Oman juga berencana membuka kembali bandara di tanggal yang sama. Individu yang menggunakan pesawat menuju Muscat harus memperlihatkan sertifikat bebas covid-19 saat mendarat.

Keputusan membuka perbatasan diambil meski Oman mencatat lonjakan 576 kasus baru covid-19 dengan tujuh kematian pada Senin 21 September. Tambahan data menjadikan total infeksi covid-19 di Oman melampaui 94 ribu.

Infeksi covid-19 di Oman menurun di bawah 200 pada awal September, namun meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Hal ini berujung pada dibukanya sebuah rumah sakit lapangan di Oman untuk menampung gelombang pasien covid-19.

Senin kemarin, Kementerian Kesehatan Oman mengumumkan rencana melakukan imunisasi covid-19 terhadap semua staf di akhir 2020.

“Karena keterbatasan jumlah, vaksin hanya tersedia bagi pekerja di garis terdepan, termasuk staf medis, polisi, dan militer,” ujar pernyataan Kemenkes Oman.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *