Kim Jong-un Bertekad Perkuat Hubungan dengan Tiongkok

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bertekad untuk terus memperkuat hubungan negaranya dengan Tiongkok. Pernyataan tersebut dimuat dalam kantor berita nasional Korut, Korean Central News Agency (KCNA), Rabu 16 September 2020.

Tekad terbaru Kim diungkapkan dalam sebuah surat yang dikirim ke Presiden Tiongkok Xi Jinping. Sebelumnya, Xi sudah menyampaikan ucapan selamat atas peringatan 72 tahun berdirinya negara Korut.

“Kim Jong-un mewakili Partai Pekerja Korea, pemerintah, dan seluruh rakyat Korut, mengucapkan terima kasih atas ucapan selamat yang diberikan atas peringatan 72 tahun berdirinya DPRK,” tulis Kim kepada Xi, dilansir dari laman CGTN.

DPRK merupakan singkatan dari nama resmi Korut, yakni Democratic People’s Republic of Korea.

Dalam suratnya, Kim juga mengekspresikan kesediaannya untuk melakukan yang terbaik demi mengembangkan persahabatan Korut-Tiongkok ke level selanjutnya.

Tiongkok merupakan mitra dan sekutu terdekat Korut. Kim dan Xi sudah beberapa kali bertemu dan saling mengunjungi negara masing-masing.

Kedua pemimpin juga dikenal sering berbalas pesan dan ucapan selamat atas berbagai isu. Mei lalu, Kim mengucapkan selamat kepada Xi atas keberhasilan Tiongkok meredam penyebaran virus korona (covid-19).

Sebelum pertemuan bersejarah antara Amerika Serikat dan Korut pada 2018, Kim dan Xi sudah terlebih dahulu bertemu di kota Dalian.

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *