Kerja Sama ASEAN-Korsel Tetap Kuat di Tengah Pandemi

Pertemuan para menteri luar negeri ASEAN dan Korea Selatan dilakukan secara virtual. Dalam pertemuan ini, Indonesia menghargai peran Korea Selatan menjalin kerja sama dengan ASEAN selama pandemi.

“ASEAN-Korean Strategic Partnership benar-benar telah berfungsi dengan baik,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam jumpa pers virtual, Rabu, 9 September 2020.

Kerja sama tersebut diharapkan dapat menjadi pijakan bagi kerja sama yang lebih strategis ke depannya. Ini termasuk dalam konteks membangun ketahanan kesehatan kawasan dan mempercepat pemulihan ekonomi.

Retno menuturkan, untuk kerja sama ketahanan kesehatan kawasan, Indonesia mendukung usulan Korea untuk bekerja sama dengan ASEAN mengenai respektif sistem keamanan nasional dan kapasitasnya.

“Untuk kerja sama pemulihan kembali ekonomi, Indonesia menyambut baik inisiatif RoK (Republic of Korea) dengan ASEAN untuk meningkatkan konektivitas selama pandemi yang dideklarasikan 29 Agustus 2020,” ucap Retno.

Menurut Retno, inisiatif tersebut harus ditindaklanjuti dengan menerapkan mekanisme integrasi kawasan. Hal tersebut, termasuk dengan diimplementasikannya Perjanjian Perdagangan Bebas (FTA) ASEAN-ROK, dan Kerja Sama Komprehensif Ekonomi Nasional Kawasan (RCEP).

Juga perlu mempersiapkan MSMEs untuk digitalisasi dan e-commerce, serta meningkatkan ekonomi kreatif.

Retno juga menyampaikan kekhawatiran Indonesia akan rivalitas di kawasan Asia, terutama Asia Tenggara. Hal ini merujuk pada ketegangan di Laut China Selatan antara negara-negara adi kuasa.

“Situasi ini akan berdampak pada perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan kawasan,” imbuhnya.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *