Survei BI, Penjualan Eceran Minus 12,3 Persen pada Juli 2020

Bank Indonesia (BI) menyebut kinerja penjualan eceran masih berkontraksi pada Juli 2020. Hal ini tercermin dari pertumbuhan Indeks Penjualan Riil (IPR) yang merosot 12,3 persen secara tahunan.

Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengatakan kontraksi tersebut membaik dari Juni 2020 lalu, yakni 17,1 persen.

“Penjualan eceran terus membaik, meskipun masih berada dalam fase kontraksi,” ujarnya dikutip dari keterangan resmi, Rabu (9/9).

Ia menuturkan perbaikan penjualan terjadi pada hampir seluruh kelompok komoditas yang disurvei. Tercatat, penjualan pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau mengalami kontraksi paling rendah minus 1,9 persen.

“Hal itu sejalan dengan peningkatan daya beli masyarakat dan implementasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB),” jelasnya.

Selanjutnya, bank sentral memprediksi penjualan eceran terus membaik pada Agustus 2020 sebesar minus 10,1 persen. Onny mengatakan perbaikan penjualan eceran ditopang hampir seluruh kelompok barang.

Bahkan, penjualan kelompok makanan, minuman, dan tembakau diperkirakan mulai mencatat pertumbuhan positif pada Agustus 2020 dari minus pada Juli lalu.

Sementara itu, kelompok barang lain juga diramal membaik yang ditandai dengan kontraksi menurun, kecuali kelompok barang perlengkapan rumah tangga lainnya.

Dari sisi harga, lanjutnya, tekanan inflasi pada tiga bulan mendatang, yakni Oktober 2020 dan enam bulan mendatang periode Januari 2021 diprediksi meningkat.

Indikasi peningkatan harga tersebut tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) tiga dan enam bulan mendatang masing-masing sebesar 133,7 dan 157,7.

Ekspektasi harga itu lebih tinggi daripada periode sebelumnya masing-masing sebesar 131,5 dan 156,1.

“Responden memperkirakan kenaikan harga tersebut dipengaruhi gangguan distribusi barang dan jasa seiring dengan masuknya musim hujan,” katanya.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *