Latihan Timnas Indonesia U-19 Dibiayai Negara, Dipantau Kemenpora

Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 didanai oleh negara. Untuk itu, Kemenpora pun melakukan pengawasan dengan mengunjungi latihan pada, Kamis (27/8/2020).

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Yayan Rubaeni, yang melakukan peninjauan. Selain itu, kunjungan juga dimaksudkan untuk melihat pengelolaan anggaran negara.

Sebelumnya, PSSI dan Kemenpora telah menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) atas bantuan pembiayaan negara sebesar Rp 50,6 miliar untuk Timnas Indonesia U-19. Dana sebesar itu dikucurkan pemerintah melalui APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia) untuk pemusatan latihan dan segala persiapan Timnas U-19 sebelum terjun ke Piala Dunia U-20 2021.

“Setiap MoU Pelatnas Bapak Menpora selalu menekankan bahwa pengelolaan anggaran harus dilakukan secara transparan dan sesuai ketentuan,” kata Yayan Rubaeni dalam rilis Kemenpora.

“Karenanya, kami pun datang ke Pelatnas PSSI untuk melihat langsung dari pagi sampai malam bagaimana aktivitas Pelatnas yang difasilitasi APBN. Hal ini perlu dilakukan agar pengelolaan anggaran sesuai ketentuan dan MoU yang sudah disepakati dan ditandatangani,” ujarnya menambahkan.

Aktivitas pengawasan ini akan terus dilakukan sampai program pemusatan latihan Timnas U-19 selesai. Hal itu dilakukan agar penggunaan uang negara bisa digunakan secara bijak dan bermanfaat.

Apalagi jumlah dana yang dikucurkan pemerintah buat Timnas U-19 terbilang cukup besar. Diharapkan Timnas U-19 pun bisa berprestasi nantinya saat tampil di Piala Dunia U-20 tahun depan.

“Jangan sampai ketika ada kendala administrasi jadi mengganggu proses Pelatnas, jika ada kesulitan maka kami dari Kemenpora RI akan melakukan pendampingan. Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PSSI yang sudah kooperatif dan terbuka terhadap pengawasan dan pendampingan,” tutur Yayan.

Proses pengawasan dan pendampingan akan kita lakukan kepada seluruh cabang olahraga penerima dana pelatnas tahun 2020,” ucap pria yang juga merupakan Kepala Bagian Humas Kemenpora RI itu.

 

 

Sumber : detik.com
Gambar : detik.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *