Bawa 4 Pemain Berpostur Tinggi ke Kroasia, Bukti Shin Tae-yong Utamakan Postur Tubuh

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah mengumumkan 30 nama pemain yang akan mengikuti pemusatan latihan di Kroasia.

Dari 30 pemain, ada empat penyerang tengah yang memiliki postur tinggi.

Mereka adalah Saddam Gaffar (PSS Sleman), Serdi Ephy Fano (Bhayangkara FC), Ahmad Afhridrizal (Vamos Indonesia) dan Moh. Bahril (PSIS Semarang).

Saddam Gaffar adalah striker berpostur 183 cm milik PSS Sleman. Dia adalah striker timnas U-18 Indonesia yang sempat tampil dalam 3 laga di Piala AFF U-18 2019.

Serdi Fano juga pernah masuk ke timnas U-19 Indonesia dalam ajang Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 yang berlangsung tahun lalu. Penyerang milik Bhayangkara FC itu punya postur setinggi 178 cm.

Adapun, Ahmad Afhridrizal dan Moh. Bahril merupakan debutan untuk skuad timnas U19 Indonesia.

Ahmad Afhridrizal yang memiliki tinggi 178 cm itu adalah pemain yang berguru di Spanyol bersama program Vamos Indonesia sejak 2019 lalu.Meski dirinya pernah dipanggil ke timnas U-16 Indonesia pada 2018, pemanggilan timnas U-19 Indonesia merupakan kali pertama baginya.

Sementara itu, Moh. Bahril memiliki postur tubuh tinggi mencapai 183 cm. Dia pernah tampil di Liga Elite Pro Academy (EPA) U18 2019 dan mencetak dua gol dari sembilan laga.

Empat pemain tersebut sekaligus membuktikan bahwa Shin Tae-yong mengutamakan postur tubuh dalam pemilihan pemain, seperti yang pernah diungkapkannya pada Januari 2020.

“Tentu saya mencari pemain dengan bakat dan kemampuan sepak bola diatas rata-rata. Pemain hebat dan jago,” kata Shin Tae-yong sebagaimana dikutip BolaSport.com dari laman resmi PSSI, Januari 2020 lalu. “Saya juga mencari pemain yang berani berkorban, punya semangat juang yang tinggi, postur tubuh ideal, memiliki kemampuan umpan-umpan pendek bagus serta bisa bermain di posisi manapun.”

Aspek postur kembali ditegaskan Shin Tae-yong ketika menyatakan sedang mencari pemain keturunan Indonesia yang bisa masuk ke timnas U-19 Indonesia saat Pemusatan latihan di Jakarta beberapa waktu lalu. “Saya masih mau mencari pemain berdarah Indonesia di luar negeri agar dapat meningkatkan kualitas Timnas Indonesia U-19 satu tingkat lagi,” kata Shin. “Kriteria yang saya mau? Postur tubuh pemain harus bagus. Karena nanti akan bermain di Piala Dunia U-20 2021, untuk itu kami harus mencari pemain yang postur tubuhnya bagus,” imbuhnya.

Sementara itu, timnas U19 Indonesia melakukan pemusatan latihan di Kroasia sebagai persiapan menjelang bertanding di Piala Asia U19 2020 di Uzbekistan pada 14-31 Oktober mendatang. Adapun saat di Kroasia, timnas U19 Indonesia juga dijadwalkan akan tampil di turnamen yang diikuti oleh Kroasia, Bulgaria, dan Arab Saudi. Turnamen yang bakal diikuti oleh tim asuhan Shin Tae-yong tersebut bakal berlangsung 2-8 September mendatang.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas Bola

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *