Kemenpora Kucurkan Dana Rp6,23 Miliar untuk Tingkatkan Pretasi Atlet Wushu

Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) baru saja menandatangani perjanjian kerja sama (MoU) dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terkait dana Rp6,23 miliar untuk fasilitasi Pelatnas dan pembinaan jangka panjang atlet tahun 2020, di Golden Ballroom Hotel Sultan, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (25/8) malam.

Ketua PB WI, Airlangga Hartanto yang menyaksikan langsung penandatangan kerjasama antara Kemenpora RI yang diwakili oleh PPK PPON Kemenpora, Yayan Rubaeni dengan Sekjen PB WI, Ngatino, mengucapkan rasa terima kasihnya atas bantuan jangka panjang tersebut.

“Malam ini diadakan penandatanganan MoU bantuan Pelatnas, ini semua akan kami gunakan untuk meningkatkan prestasi atlet-atlet Wushu yang saat ini telah mengukir prestasi untuk lebih berprestasi lagi. Kami laporkan juga bahwa PB WI telah terakreditasi oleh BSANK,” kata Airlangga setelah penandatanganan.

“Untuk pelatnas sendiri ada kurang lebih 34 atlet, seluruh atlet yang bergabung merupakan hasil pembinaan secara berjenjang dari kelompok umur. Untuk itu bantuan ini saya harapkan bisa menambah prestasi wushu lebih baik lagi.”

Mekanisme proses penyaluran bantuan dilakukan dengan me-review substansi program pada proposal yang diajukan, oleh lima orang dari unsur Kemenpora, Akademisi dan Praktisi. Di mana selanjutnya dilakukan seleksi administrasi termasuk RAB (Rencana Anggaran Biaya) berdasarkan hasil review oleh tim yang dibentuk oleh PPK. Hasilnya disepakati dari usulan anggaran Rp 6.705.985.000,- disetujui bantuan sebesar Rp 6.239.085.000,-.

Penyaluran dilakukan melalui transfer dari KPPN Kemenkeu langsung ke Rekening PB WI. Tahap 1 dicairkan sebesar 70% dari total bantuan, dan tahap 2 sebanyak 30% akan setelah LPJ minimal 80% dari anggaran tahap 1 telah dirampungkan.

Adapun komponen dana fasilitasi yang diberikan meliputi honorarium, akomodasi, suplemen, peralatan, perlindungan kesehatan dalam rangka pencegahan COVID-19, tiket pemanggilan dan pemulangan, sewa tempat latihan dan jaminan kesehatan dari BPJS Ketenagakerjaan yang diperuntukan bagi manager, atlet, pelatih dan tenaga pendukung.

Di lain sisi, Menpora Zainudin Amali mengatakan bantuan dana pelatnas yang diberikan oleh pemerintah ini diharapkan bisa membantu meningkatkan prestasi cabang olahraga wushu di event internasional. Apalagi Wushu selama ini menjadi salah satu penyumbang medali di SEA Games atau Asian Games.

“Wushu selama ini menjadi salah satu penyumbang medali, dan bantuan ini saya harap bisa meningkatkan prestasi wushu,” ujar Menpora Zainudin Amali.

 

 

Sumber : akurat.co
Gambar : akurat.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *