Hong Kong Akan Lakukan Tes Corona Gratis buat 7,5 Juta Warga

Hong Kong akan menawarkan tes risiko infeksi virus corona (Covid-19) secara gratis bagi 7,5 juta warganya bulan depan.

Hong Kong sendiri saat ini tengah menghadapi ancaman gelombang tiga dari pandemi Covid-19. Pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengatakan tes massal sukarela itu akan dilakukan selama dua pekan mulai 1 September 2020.

“Masih ada cukup banyak transmitter yang sunyi di komunitas kami,” kata Lam seperti dikutip dari AFP.

“Jadi lebih banyak kita bisa melakukan tes…lebih awal kami bisa menemukan kasus-kasus luar biasa,” imbuhnya.

Pejabat kesehatan Hong Kong Sophia Chan dalam sebuah siaran radio berharap setidaknya lima juta warga di wilayah itu berpartisipasi, andai tak bisa seluruh 7,5 jura warga wilayah itu.

Namun, pada Jumat lalu, Lam mengatakan pemerintahannya tak memberikan target atas skema yang akan dilaksanakan tiga perusahaan besar dari China daratan, termasuk BGI Group.

DI satu sisi, banyak warga Hong Kong yang mencurigai langkah tersebut menjadi cara China untuk mengekang kebebasan politik di wilayah tersebut. Termasuk pula pengumpulan data biometrik oleh Beijing.

Untuk diketahui, jumlah kasus baru Covid-19 di Hong Kong mencapai 3.300 sejak Juli lalu. Jumlah itu lebih dari 70 persen dari total infeksi sejak pandemi itu diketahui menghantam kota tersebut pada akhir Januari lalu. Sementara itu angka kematian akibat Covid-19 sejak Juli lalu telah mencapai 75 dari semula tujuh.

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *