Pertamina Retail Target Buka 30 Ribu Bright Store hingga 2025

PT Pertamina Retail pada tahun 2025 menargetkan membuka 30 ribu Bright Store dan 30 persen pendapatan SPBU berasal dari non fuel, bukan hanya dari bahan bakar saja.

“Kita optimis di lima tahun kedepan bisa kembangkan di tahun 2025 30 persen dari pendapatan SPBU itu berasal dari non fuel (bukan bahan bakar),” kata President Director PT Pertamina Retail Iin Febrian, dalam Grand Opening “New Bright Store” secara virtual, Rabu (12/8/2020).

Ia mengatakan pengembangan bisnis Pertamina ritel non fuel sangat menarik, karena peluangnya sangat besar. Dilihat dari traffic jumlah pelanggan yang datang ke SPBU masih dikatakan cukup baik di masa new normal pandemi covid-19 ini, dibanding traffic pengguna pesawat dan pengunjung mall.

“Kenapa kita gencarkan agresif di SPBU khususnya di pada tahap awal ini karena peluangnya sangat besar, dengan kasatmata beberapa titik ramai yang sangat tinggi grafiknya katakanlah mall, bandara turun kalau di SPBU traffic-nya masih bagus dan ini peluang untuk kita kembangkan menjadi ekosistem baru di SPBU dengan mengembangkan konsep new bright store,” jelasnya.

Memang tantangannya adalah bagaimana mengembangkan potensi pendapatan non fuel di SPBU, karena saat ini pendapatan non fuel hanya 4 persen. Padahal jika dilihat pendapatan store serupa mereka pendapatannya hingga 30 persenan.

Oleh karena itulah, pihaknya tertantang untuk mengembangkan dengan menggencarkan pengembangan outlet Bright Store agar pendapatan di SPBU antara non fuel dan fuel bisa seimbang. Ia yakin dengan jumlah traffic orang yang datang ke SPBU untuk mengisi bahan bakar, maka bisa mendorong mereka untuk mampir ke Bright Store sekaligus.

Iin menjelaskan, sektor ritel bukan hanya sebatas menjual makanan dan minuman saja, tetapi bisa menarik daya Tarik seperti advertising, kebutuhan peralatan otomotif seperti ganti oli spare part kendaraan motor atau mobil dan lainnya.

“Kita juga akan kembangkan non fuel demand-nya cukup naik dan signifikan mengikuti sebaran SPBU,” ujarnya.

Tambah Iin, saat ini outlet Bright Store berjumlah 190 outlet yang baru beroperasi, diharapkan di tahun 2025 pengembangan Bright Store secara agresif ditargetkan mencapai 30 ribu outlet. Untuk pengembangannya sendiri pihaknya akan berkolaborasi dengan pihak lain agar mempermudah pengembangan outlet.

“Ke depan di tahun 2025 kita harapkan sudah mengembangkan produk secara agresif sebanyak 30.000 outlet. Untuk pengembangan agresif ini kita tidak hanya mengelola sendiri dengan sumber daya kita sendiri, kita juga melaksanakan kolaborasi dengan banyak pihak sehingga agresivitas itu bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya.

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Pontas

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *