Mantan PM Italia akan Pimpin Komisi Baru WHO

Organisasi Kesehatan Dunia mengumumkan rencana membentuk Komisi Kesehatan dan Pertumbuhan Berkelanjutan Eropa yang bertugas membahas berbagai kebijakan prioritas terkait pandemi virus korona (covid-19). Mantan Perdana Menteri Italia Mario Monti akan menjadi ketua komisi tersebut.

“Saya menilai keputusan WHO untuk membentuk komisi independen ini sebagai langkah progresif menuju pendekatan efektif dan terintegrasi dalam bidang kesehatan,” kata Monti dalam sebuah keterangan pers, dikutip dari laman CGTN, Rabu 12 Agustus 2020.

Komisi baru itu nantinya akan mengidentifikasi dan mengulas bukti-bukti relevan seputar pandemi covid-19. Komisi juga akan mempelajari respons berbagai negara dalam menghadapi pandemi, untuk kemudian “merekomendasikan investasi atau reformasi untuk lebih meningkatkan sistem kesehatan.”

Dipimpin Monti, komisi tersebut juga akan diisi sejumlah mantan kepala negara, ilmuwan, pebisnis, ekonom, dan pakar di berbagai bidang.

“Tujuan kami adalah memposisikan kesehatan sebagai agenda politik teratas dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), dan untuk memperkuat ketahanan sistem kesehatan dan sosial di 53 negara anggota WHO Regional Eropa,” tulis Hans Heri P. Kluge, direktur regional WHO untuk Eropa, dalam sebuah pernyataan tertulis.

Pertemuan perdana komisi tersebut akan digelar pada 26 Agustus, usai diresmikan langsung oleh Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. Laporan final dari komisi tersebut diperkirakan selesai pada September 2021.

Berdasarkan data Johns Hopkins University pada Rabu ini, total kasus covid-19 di kancah global telah melampaui 20,2 juta dengan 739 ribu lebih kematian dan 12.513.895 pasien sembuh.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *