Topan Mekkhala Tiba di Provinsi Fujian Tiongkok

Mekkhala, topan keenam tahun ini, tiba di provinsi Fujian, Tiongkok, pada Selasa 11 Agustus 2020 pagi waktu setempat. Menurut laporan kantor berita Xinhua, Mekkhala tiba di wilayah Zhangpu sekitar pukul 07.30 dengan kecepatan putaran angin maksimum sekitar 33 meter per detik.

Pusat Meteorologi Nasional Tiongkok (NMC) memprediksi Topan Mekkhala akan bergerak ke arah barat laut dan kemudian mulai melemah.

Sebelumnya, Tiongkok telah mengeluarkan peringatan waspada level kuning untuk Topan Mekkhala. Senin petang kemarin, topan tersebut telah menguat menjadi sebuah badai tropis.

Hingga malam nanti, Topan Mekkhala diprediksi akan memicu angin kencang untuk sebagian besar area di Laut China Timur, wilayah selatan Laut China Selatan, perairan Selat Taiwan, dan juga provinsi Fujian serta Zhejiang.

Selain angin kencang, Topan Mekkhala juga akan membawa hujan deras di sejumlah wilayah Fujian dan juga Taiwan. NMC menyebut curah hujan yang dibawa Mekkhala dapat mencapai 160 milimeter.

Tiongkok memiliki sistem peringatan cuaca yang terbagi dalam empat tingkatan. Merah merupakan peringatan level teratas, yang diikuti oranye, kuning, dan biru.

Sebelumnya, Kementerian Manajemen Darurat Tiongkok telah mengeluarkan peringatan mengenai bahaya Topan Mekkhala. Pihak kementerian memperingatkan bahwa topan tersebut dapat memicu terjadinya bencana seperti banjir dan tanah longsor.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *