Listrik Gratis Diperpanjang Sampai Akhir 2020

Pemerintah memperpanjang pemberlakuan diskon tagihan listrik sebesar 100 persen kepada rumah tangga golongan pelanggan 450 VA dan 50 persen ke pelanggan 900 VA hingga Desember 2020. Sebelumnya, subsidi hanya akan dilakukan sampai September.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan keputusan tersebut diambil demi membantu masyarakat menghadapi tekanan ekonomi yang diakibatkan oleh pandemi covid-19.

“Kami memutuskan untuk memperpanjang sampai akhir tahun untuk program ini,” ujar Rida dalam video conference, Selasa (11/8).

Rida mengatakan untuk melanjutkan kebijakan tersebut, pemerintah juga memperbarui data pelanggan yang disasar dalam program stimulus berbentuk pembebasan dan diskon tarif listrik tersebut. Untuk golongan 450 VA , jumlah pelanggan yang disasar mencapai 24,6 juta pelanggan.

Sementara untuk golongan 900 VA, jumlah pelanggan yang disasar sebanyak 7,72 juta pelanggan.

“Kami sudah bahas kira-kira anggaran yang kemudian diperlukan oleh pemerintah itu kurang lebih Rp12,18 triliun dan ini sudah kemarin disepakati di angka itu khususnya dengan Kementerian Keuangan,” jelas Rida.

Rida menyampaikan, perpanjangan stimulus tersebut merupakan kedua kalinya yang dilakukan pemerintah setelah sebelumnya pemerintah memperpanjang bantuan tarif listrik dari tiga bulan menjadi enam bulan.

“Kami melakukan evaluasi dengan pelaksanaan di lapangan yang kemudian kami dapat informasi bagaimana kesulitan program pemerintah ini dilakukan di lapangan, awalnya ada beberapa kendala tapi ada koordinasi dengan pemangku kepentingan alhamdulilah satu per satu kendala kami bisa lalui bersama,” pungkasnya.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *