Istana: Sirene Berbunyi di Semua Daerah pada 17 Agustus 2020

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyatakan akan ada bunyi sirene detik-detik peringatan kemerdekaan Indonesia 17 Agustus mendatang. Sirene ini berasal dari fasilitas yang dimiliki pemadam kebakaran hingga Dinas Perhubungan yang ada di daerah-daerah.

“Kita semua punya infrastruktur, tidak usah menyiapkan khusus. Contoh mobil bisa manfaatkan mobil pemadam kebakaran ada sirene. Mobil Dishub, mobil Dinas Kebersihan, mobil patroli kepolisian, semua bisa disiapkan di titik-titik strategis,” ujar Heru dalam konferensi pers yang disiarkan melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (6/8).

Rencana ini menyusul imbauan sikap sempurna bagi seluruh warga ketika bendera merah putih dikibarkan tepatnya pukul 10.17 WIB. Heru menuturkan, sirene itu akan menjadi pengingat bagi warga yang beraktivitas untuk berhenti sejenak dan menegakkan sikap sempurna.

“Jadi yang tadinya ibu-ibu masak di dapur, pukul 10.04 WIB (pembacaan) proklamasi terus siap-siap. Pukul 10.17 WIB sirene di seluruh tanah air bunyi, mari kita semua bersikap sempurna, menghormati bendera yang dikibarkan 17 Agustus,” katanya.

Nantinya warga yang tinggal di wilayah Indonesia bagian tengah (WITA) maupun timur (WIT) dapat menyesuaikan dengan waktu yang ada di Indonesia bagian barat (WIB).

Penyesuaian tersebut, kata Heru, juga berlaku bagi warga yang tinggal di luar negeri. “Jika waktunya hanya beda 3, 4, 5 jam wajib mengikuti. Tentu kalau beda 10 jam, di sana malam hari tidak bisa. Tapi kalau hanya beda dua jam misalnya, Singapura, Malaysia, Australia, WNI yang di sana wajib ikut itu,” jelas Heru.

Warga diminta dalam kondisi sikap sempurna dan berdiri tegak selama tiga menit.

Upacara peringatan 17 Agustus mendatang diketahui akan digelar secara virtual mengingat pandemi Covid-19 yang masih meluas. Upacara di Istana Negara hanya akan diikuti Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin serta sejumlah menteri yang bertugas, Kapolri, dan Panglima TNI.

Sementara para menteri, pejabat negara, hingga warga umum yang biasanya dapat hadir langsung dalam upacara tersebut kini juga diminta untuk mengikuti secara virtual.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : ERA.ID

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *