Bursa Saham Asia Dibuka Melemah, Dibayangi Stimulus Uni Eropa

Saham-saham di Asia Pasifik menurun pada awal perdagangan Rabu ini. Harga emas melonjak ke tertinggi sembilan tahun, sementara dolar melemah setelah para pemimpin Uni Eropa mencapai paket stimulus USD 2 triliun yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dikutip dari laman CNBC, Rabu (22/7/2020), Nikkei 225 Jepang kehilangan 0,25 persen, sedangkan Topix turun 0,10 persen.

Saham di Australia juga diperdagangkan lebih rendah, dengan S & P / ASX 200 turun 0,67 persen. Australia diperkirakan akan melaporkan penjualan ritelnya untuk bulan Juni di pagi hari.

Di Korea Selatan, indeks saham Kospi datar di awal perdagangan.

Sentimen investor meningkat setelah 27 pemerintah Uni Eropa mencapai kesepakatan terobosan atas stimulus fiskal baru. Menyusul pembicaraan maraton di Brussels yang berlangsung empat hari.

Stimulus Uni Eropa

Komisi Eropa, badan eksekutif Uni Eropa, telah ditugaskan untuk memanfaatkan pasar keuangan untuk memperoleh 750 miliar euro (USD 857 miliar) yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dana tersebut akan didistribusikan di antara negara-negara dan sektor-sektor yang paling terkena dampak pandemi coronavirus, dan akan mengambil bentuk hibah dan pinjaman.

Selain dana pemulihan, UE mengatakan anggaran berikutnya, yang akan mendanai inisiatif antara 2021 dan 2027, akan berjumlah total 1.074 triliun euro. Keduanya digabungkan membawa investasi mendatang ke level 1,824 triliun euro.

Pandemi belum menunjukkan tanda-tanda mereda dalam beberapa pekan terakhir, dengan wabah melonjak di AS dan mencapai rekor tertinggi dalam kasus dan kematian baru. Di seluruh dunia, jumlah kasus mencapai lebih dari 14 juta dengan lebih dari 600 ribu kematian, menurut data dari Johns Hopkins University.

“Paket stimulus yang belum pernah terjadi sebelumnya kemungkinan akan mendorong suku bunga riil lebih rendah, booming untuk aset yang tidak menghasilkan seperti emas. Ini juga terjadi di tengah lonjakan baru kasus COVID-19 yang mengancam akan menggagalkan pemulihan ekonomi karena pemerintah mengurangi pembatasan,” tulis Dimes.

 

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *