Indra Sjafri Berharap Timnas Tampil di Piala Dunia U20 dengan Kekuatan Pemain Lokal

Direktur Teknik Timnas Indonesia, Indra Sjafri, menilai timnas U20 yang akan tampil di Piala Dunia U20 2021 tidak perlu menggunakan pemain naturalisasi. Sebagai pelatih yang melanglang buana di pengembangan usia dini, Indra Sjafri ingin tim nasional tampil dengan formasi pemain lokal.

“Ada dua strategi pembentukan Timnas U20, kami mau menunjukkan pada dunia, ini loh pembinaan kami, ini loh keputusan kami bahwasanya anak-anak yang tampil adalah anak-anak Indonesia, tapi dengan segala resiko,” kata pria asal Sumatera Barat di webinar Pengembangan Manajemen Suporter Sepak Bola, Rabu (16/07/2020) pagi. Sebagai pelatih yang banyak berkutat di timnas kelompok usia, Indra Sjafri memahami kemampuan dan kekuatan pemain-pemain lokal.

Terbukti, pemain muda Indonesia mampu bicara banyak saat bertemu beberapa tim kuat. Di sisi lain, Indra Sjafri menyadari pembinaan pemain di Indonesia jauh dari kata sempurna attau bahkan tertinggal dari negara-negara kontestan Piala Dunia U20 nanti. Risiko ini yang harus disadari oleh semua pihak, termasuk suporter.

“Tim saya dari usia 16-19 tahun mengalahkan Jepang, terakhir satu langkah lagi untuk masuk Piala Dunia. Walau di babak grup kami mengalahkan Uni Emirat Arab, tetapi belum juga bisa,” ucap pria kelahiran 2 Februari 1963. “Kalau mau jujur, teman-teman dari Asprov dan suporter harus jujur kualitas kita masih rendah kalau bicara level dunia,” sambungnya.

Pada akhirnya, Indra Sjafri mengembalikan seluruh keputusan kepada pelatih Shin Tae Yong. Apakah pelatih asal Korea Selatan tersebut cukup yakin dengan amunisi pemain-pemain lokal.

Namun, pelatih yang membawa Timnas U23 menjadi runners up di SEA Games 2019 tersebut berharap bisa melihat Tim Garuda turun dengan materi pemain yang tumbuh dan ditempa di Indonesia. “Jadi, kebijakan itu akan diambil oleh pelatih. PSSI hanya mendukung kebijakan pelatih,” pungkasnya.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *