Petir Sepanjang 700 Kilometer Tercatat di Brasil

Badan cuaca PBB mengumumkan petir terpanjang yang pernah tercatat. Kilatan petir tunggal itu terjadi di Brasil pada 31 Oktober 2018 yang memotong langit melintasi lebih dari 700 kilometer.

“Kilatan petir itu setara dengan jarak antara Boston dan Washington DC di Amerika Serikat, atau antara London dan Basel, Swiss,” Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) mengatakan dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip AFP, Jumat, 26 Juni 2020.

Komite ahli WMO tentang cuaca dan iklim ekstrem juga melaporkan rekor dunia baru selama durasi kilatan petir, dengan satu kilat yang berkembang terus-menerus di utara Argentina pada 4 Maret 2019 yang berlangsung selama 16,73 detik penuh.

“Catatan ‘megaflash’ baru, yang diverifikasi dengan teknologi citra petir satelit baru, lebih dari dua kali lipat dari pemegang rekor yang diketahui sebelumnya,” WMO menambahkan.

Rekor sebelumnya untuk jarak terdeteksi terpanjang untuk satu kilatan petir adalah 321 kilometer (199 mil), diukur pada 20 Juni 2007 di negara bagian Oklahoma, AS, kata WMO.

Sementara rekor durasi sebelumnya adalah 7,74 detik, diukur pada 30 Agustus 2012 di Prancis selatan.

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *