Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Selandia Baru

Gempa berkekuatan magnitudo 5,9 melanda dekat Milford Sound di barat daya Pulau Selatan, Selandia Baru pada Kamis 25 Juni. Pusat gempa dideteksi oleh pusat pengawas seismik pemerintah, Geonet.

Ribuan orang di daerah yang dilaporkan oleh Geonet itu merasakan gempa tersebut, yang sangat dangkal di kedalaman limakilometer. Tetapi tidak ada laporan kerusakan segera.

Getaran terasa di seluruh Pulau Selatan yang lebih rendah di daerah-daerah termasuk Queenstown, Wanaka, Te Anau, Alexandra dan Dunedin. Itu diikuti oleh gempa berkekuatan kecil lebih lanjut.

“Kami benar-benar merasakannya. Kami punya mobil di depan sini dan mereka hanya berguling-guling di tempat parkir di sana,” Helen Archer, seorang warga kota Te Anau, mengatakan kepada New Zealand Herald, Kamis, 25 Juni 2020.

“Itu baru saja bergulir. Kami berdua di sini merasa sedikit mabuk mobil atau mabuk laut,” jelasnya.

Milford Sound yang memiliki pemandangan spektakuler di pantai barat Pulau Selatan diukir oleh gletser kuno dan menampilkan gunung-gunung yang menjulang, air terjun, dan habitat laut yang langka.

Selandia Baru terletak di ‘Cincin Api’ yang secara seismik aktif, busur gunung berapi sepanjang 40.000 km dan parit samudera yang menyandang sebagian besar Samudera Pasifik.

Kota Christchurch, juga di Pulau Selatan, masih belum pulih dari gempa berkekuatan 6,3 pada tahun 2011 yang menewaskan 185 orang.

Pada 2016, gempa berkekuatan 7,8 melanda kota Kaikoura di Pulau Selatan, menewaskan dua orang dan menyebabkan kerusakan senilai miliaran dolar, termasuk di Ibu Kota Wellington.

 

 

 

 

 

Sumber: medcom.id
Gambar: Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *