Meksiko Diguncang Gempa M 7,4 dan Tsunami Lokal, 5 Tewas

Gempa bumi bermagnitudo 7,4 mengguncang pantai selatan Meksiko pada Selasa (23/6) sekitar pukul 10.29 pagi waktu setempat. Sedikitnya lima orang tewas dalam bencana tersebut.

Gelombang tsunami setinggi 0,68 meter terjadi di Acapulco dan 0,71 meter di Salina Cru sesaat setelah gempa. Peringatan tsunami diturunkan seiring dengan melemahnya guncangan gempa.

Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan satu orang tewas dan puluhan luka-luka setelah sebuah bangunan runtuh di Huatolco, Oaxaca.

Kendati demikian, ia mengatakan gempa bumi memicu kerusakan minim termasuk kaca rumah pecah dan bangunan roboh. Pusat gempa berada di 6,8 kilometer arah barat daya Santa Maria Zapotitlan, negara bagian Oaxaca.

Gubernur negara bagian Oaxaca, Alejandro Murat mengatakan korban kedua yang tewas setelah rumah yang berada di kaki bukit San Juan Ozolotepec roboh, disusul kematian korban jiwa ketiga.

Layanan Perlindungan Sipil Nasional Meksiko melaporkan dua korban jiwa lainnya merupakan pekerja tambang minyak milik pemerintah, Pemex. Sementara seorang laki-laki meninggal di Oazaca, San Agustin Amatengo setelah tembok rumah menimpa dirinya.

Pemex mengatakan gempa juga memicu kebakaran di kilang minyaknya yang berada di Salina Cruz, dekat pusat gempa. Seorang pekerja terluka setelah terkena kobaran api.

Mengutip Associated Press, Obrador mengatakan ada lebih dari 140 gempa susulan dengan kekuatan yang lebih kecil dari gempa pertama.

Seismolog Survei Geologi, A. Paul Earle mengatakan gempa kali ini berpotensi mematikan dan menyebabkan kerusakan parah. Terlebih ada catatan daerah tersebut pernah dilanda gempa dengan magnitudo yang lebih besar di masa lalu.

“Akan ada gempa susulan. Jika mengacu pada gempa magnitudo 6 dan sejumlah gempa susulan setelahnya dengan kekuatan yang lebih kecil,” ujar Erale.

Warga luka-luka dirawat di barak militer di kota Meksiko yang diubah untuk merawat pasien Covid-19. Tim medis berupaya menenangkan pasien Covid-19 yang tengah diisoliasi tidak dapat dievakuasi ke luar bangunan.

Gempa itu bisa dirasakan hingga ke Guatemala, Honduras, dan El Salvador. Sementara getaran dan sirine peringatan gempa gempa juga terasa hingga ke ibu kota Mexico City yang berjarak 305 km utara episentrum.

 

 

 

 

 

Sumber: cnnindonesia.com
Gambar: CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *