Gempa Bumi Magnitudo 5,7 Guncang Turki Timur

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,7 mengguncang provinsi Bingol di wilayah timur Turki, Minggu 14 Juni. Otoritas Manajemen Bencana dan Urusan Darurat Turki (AFAD) melaporkan, gempa terjadi pukul 17.24 dengan episentrum di distrik Karliova, desa Kaynarpinar.

Dikutip dari Xinhua, Senin 15 Juni 2020, AFAD menyebut gempa berlangsung selama lebih kurang 10 detik, yang kemudian diikuti 22 guncangan susulan.

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyan Soylu mengatakan, sebuah menara di desa Kaynarpinar roboh akibat kuatnya guncangan. Seorang petugas keamanan terperangkap di bawah reruntuhan menara tersebut.

Pemerintah daerah Bingol melaporkan, tujuh warga telah berhasil diselamatkan dari lokasi gempa. Saat ini, petugas gabungan masih berusaha menyelamatkan tiga korban lainnya.

Akhir Januari lalu, gempa bumi magnitudo 6,8 mengguncang Elazig, Turki. Gempa tersebut menewaskan 41 orang. Selang sepekan pada awal Februari, dua gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,5 dan 4,2 kembali melanda Elazig.

Pada Jumat 24 Januari, sekitar 60 guncangan susulan terjadi usai gempa perdana mengguncang Elazig. Kala itu, lebih dari 400 personel penyelamat yang membawa bantuan darurat telah dikerahkan ke Elazig.

Tayangan di sejumlah saluran televisi Turki memperlihatkan petugas yang berusaha mencari korban selamat di balik reruntuhan gedung.

Elazig, berlokasi sekitar 550 kilometer dari ibu kota Ankara, merupakan provinsi terpencil di Turki yang tidak terlalu banyak dihuni warga. Karena minimnya sumber daya, munculnya kabar mengenai detail gempa relatif lamban.

 

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *