Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Bengkulu, Gempa 5 SR di Maluku

Secara terpisah, dan waktu yang berhitung jam, terjadi gempa dengan kekuatan di atas magnitudo 5,0 di Bengkulu dan Maluku siang ini. Tak ada potensi tsunami.

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,7 mengguncang Kabupaten Mukomuko, Bengkulu pada Rabu (10/6) siang. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis bahwa gempa yang episentrumnya sekitar 28 kilometer barat daya Mukomuko itu tak berpotensi tsunami.

BMKG melansir gempa itu terjadi pada pukul 11.35 WIB, dengan hiposentrum berada pada kedalaman 24 km di Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera.

Guncangan gempa itu sangat dirasakan di kawasan Mukomuko. BMKG merilis skala guncangan di wilayah Mukomuko adalah IV MMI (Bila pada siang hari dirasakanorang banyak dalam rumah).

Getaran juga dirasakan di Kota Padang dan Kerinci dengan skala III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

“Lubuk Basung, Padang Pariaman, Padang Panjang, Bukit Tinggi, Kepahiyang, Kota Bengkulu, Dharmasraya, Payakumbuh, Tanah Datar II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” demikian rilis dari BMKG.

Salah seorang warga di Arga Makmur, Bengkulu Utara pun mengutarakan merasakan getaran gempa itu.

“Arga Makmur cukup jauh dari Muko-Muko, terasa getaran kecil, gak ada warga yang berhamburan keluar rumah juga,” kata warga Arga Makmur, Asti Kusuma saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (10/6).

Selain di Mukomuko, gempa juga terjadi mengguncang Maluku. BMKG menyatakan gempa berkekuatan 5,0 Skala Richer mengguncang bagian utara Maluku Barat Daya.

“Gempa terjadi pada Rabu (10/6) pukul 12.55 WIT,” demikian keterangan BMKG.

“Gempa pada kedalaman 166 kilometer, gempa tak berpotensi tsunami,” kelanjutannya.

Episentrum gempa terletak pada titik 121 Km arah utara Tepa Maluku Barat Daya, dan 204 Km Bagian Barat Kepulauan Tanimbar. Hingga pukul 13.32 BMKG belum menunjukkan aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Tribunnews.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *