Kenormalan Baru, India Buka Masjid dan Kuil

Warga India mulai kembali menjalani aktivitas mereka setelah tiga bulan lockdown akibat virus korona (covid-19). Per Senin 8 Juni 2020, pemerintah kembali membuka tempat ibadah, pusat belanja dan rumah makan.

Dengan kebijakan ini, sejumlah jemaah terlihat berdatangan ke Masjid Juma di Ahmedabad. Mereka terlihat mengenakan masker dan menerapkan jarak antar-saf saat salat.

Dilansir dari Channel News Asia, aturan serupa juga diterapkan pada pengunjung kuil di New Delhi. Sebelum masuk kuil, para jemaah diperiksa suhunya di pintu masuk.

“Kami mengizinkan beberapa orang masuk kuil bersamaan. Kami juga telah menggambar lingkaran untuk jemaah yang berdiri, dan memastikan mereka saling menjaga jarak,” seru pengurus kuil, Harsh Vyas.

Meski sudah mulai masuk fase kenormalan baru, pemerintah di New Delhi masih belum membuka hotel. Pasalnya, hotel digunakan sebagai rumah sakit darurat korona jika kasus kembali melonjak.

Di kota besar lain, seperti Mumbai, perkantoran sudah kembali beroperasi. Warga juga terlihat mengantre menunggu bus karena kereta masih belum beroperasi.

Namun, pembukaan ekonomi di India masih menjadi kekhawatiran warga. Pasalnya, kasus infeksi masih terus naik.

Berdasarkan data John Hopkins University, jumlah infeksi di India mencapai 256.611 kasus positif korona. Sebanyak 7.207 orang meninggal dunia di Negeri Bollywood.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *