Dody Usodo Hargo, Komut Baru Adhi Karya Pilihan Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir mencopot Juru Bicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman dari posisi komisaris utama (komut) PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Kamis (4/6). Posisi Fadjroel digantikan oleh Mayor Jenderal TNI (Purnawirawan) Dody Usodo Hargo.

Sebelum ditunjuk sebagai Komisaris Utama pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Adhi Karya, Dody menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Dody juga tercatat sebagai Ketua Umum Asosiasi Bola Tangan Indonesia periode 2018-2023. Ia memimpin ABTI bersama mantan pebulutangkis, Icuk Sugiarto.

Semasa aktif di TNI, Dody sempat menjabat sebagai Staf Khusus KASAD tahun 2018. Ia juga pernah mengemban jabatan strategis lain seperti Wadanjen Akademi TNI dari 4 Januari-20 Desember 2018 menggantikan Mayjen TNI Benny Susianto.

Dody juga pernah mengemban tugas sebagai Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) kurang dari dua tahun. Ia bertugas dari 23 November 2016-4 Januari 2018.

Sebelum itu, pria berusia 59 tahun pernah menjadi Wakil Komandan Kodiklatad (2013-2014) dan Komandan Korps Siswa Seskoad (2011). Di Seskoad, pria kelahiran Kertosari pernah bertugas sebagai dosen.

Dody sendiri lahir di Kertosari, Singorojo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, 59 tahun silam. Dody merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1984 yang berpengalaman dalam bidang infanteri.

Dody menjalani masa kecil hingga berusia 11 tahun di Sumatera Barat. Ia menamatkan pendidikan sekolah dasar di SDN Trayu pada 1973 dan SMP Perkebunan Merbuh tahun 1976 di Kendal.

Selanjutnya, ia masuk SMAN 1 Kendal tahun 1979/1980 dan menyelesaikan S1 dalam bidang ilmu pemerintahan pada 2000 dan S2 bidang sumber daya manusia pada 2012.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *