F1 Hanya Izinkan 80 Personil Per Tim saat Balapan

Otoritas Formula One (F1) hanya mengizinkan maksimal 80 orang personel untuk satu tim saat balapan yang rencananya bakal digelar mulai 5 Juli mendatang di Grand Prix Austria. Aturan ini dikeluarkan sebagai tindakan untuk memerangi penyebaran virus corona (COVID-29) yang memaksa balapan digelar tanpa penonton.

“Mulai dari awal perhelatan tertutup hingga deklarasi klasifikasi resmi balapan, tidak ada kompetitor yang boleh membawa lebih dari total 80 orang personel tim dalam area sirkuit,” ucap aturan yang dikeluarkan oleh Federasi Automobil Internasional (FIA) sebagaimana dipetik dari Reuters.

Lebih rinci lagi, FIA juga hanya mengizinkan maksimal 60 orang berada dalam kawasan di mana pekerjaan orang-orang ini berhubungan langsung dengan mobil yang dikendarai pembalap.

Mereka yang tidak termasuk dalam 60 orang tersebut di antaranya adalah mereka yang semata berhubungan dengan ramah-tamah (hospitality), sponsor, pemasaran, hubungan masyarakat, keamanan, dan pengendara truk dari dan menuju lokasi event.

Aturan ini akan diterapkan dalam 12 seri yang sudah dijadwalkan musim ini sejak penangguhan pada Maret silam. Sementara itu, enam balapan lain masih dalam status tunda sementara empat di antaranya sudah dipastikan batal.

Adapun seri yang dibatalkan adalah Grand Prix Austria, Monako, Kanada, dan Belanda. Grand Prix Belanda adalah yang terakhir dibatalkan karena penyelenggara memilih untuk menggeser ke 2021 agar balapan pertama sejak 1985 di negara mereka tersebut bisa dirayakan bersama penggemar di sirkuit.

 

 

Sumber : akurat.co
Gambar : akurat.co

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *