PSSI Libatkan Menpora dan APPI Bahas Nasib Liga 1 2020

PSSI melibatkan Menteri Pemuda dan Olahraga dan Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) untuk membahas nasib Liga 1 2020 di masa new normal.

Induk organisasi sepak bola Indonesia itu meminta pendapat dari Kemenpora, klub, asosiasi pemain, dan asosiasi pelatih.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan fase-fase pemulihan ekonomi di masa pandemi covid-19. Izin menggelar kegiatan olahraga yang melibatkan penonton.

Menanggapi hal itu, PSSI mengajak para stakeholder sepak bola termasuk APPI dan Menpora untuk membahas nasib kompetisi Liga 1 2020.

“PSSI hari ini meeting virtual dengan APPI [Asosiasi Pemain Profesional Indonesia] dan APSSI [Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia] untuk meminta pendapat mereka tentang bagaimana pandangan pemain dan pelatih bila [kompetisi] dilanjutkan atau berhenti. Kami ajak dialog untuk bertukar pikiran,” ucap Yunus Nusi kepada CNNIndonesia.com, Selasa (26/5).

Setelah berdiskusi dengan APPI dan APSSI, PSSI akan membuat keputusan setelah pemerintah pusat mengumumkan status tanggap darurat covid-19 di Indonesia, Jumat (29/5).

“Kami masih menunggu keputusan pemerintah sambil nantinya [nasib kompetisi] diputuskan di rapat exco PSSI. Rapat Exco masih menunggu arahan dari Ketum PSSI,” kata Yunus Nusi.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan juga telah bertemu Menpora Zainuddin Amali pada Kamis (22/5). Pertemuan tersebut membahas rencana PSSI kembali menggulirkan kompetisi liga.

Dilansir situs resmi PSSI, Menpora mengajak masyarakat Indonesia hidup berdampingan dengan virus corona dengan tetap produktif saat pandemi. Protokol kesehatan akan dijalankan sangat ketat, tapi pemulihan ekonomi termasuk kegiatan olahraga akan mulai menyesuaikan.”

Menpora mengatakan kompetisi sangat penting untuk membentuk timnas yang tangguh. Sebab itu, PSSI, Kemenpora dan BNPB akan bersama-sama menyiapkan kajian untuk menggelar lanjutan kegiatan olahraga di Indonesia.

“[Nasib kompetisi] itu tergantung PSSI, LIB, dan klub. Silakan mereka diskusikan kelanjutan kompetisi. Saya menunggu hasil diskusi mereka,” ucap Menpora kepada CNNIndonesia.com.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *