Menteri Pekerjaan Umum Chile Terinfeksi Covid-19

Jumlah orang yang terinfeksi virus korona (covid-19) di Chile telah melampaui 73 ribu, dan salah satunya adalah seorang menteri. Kabar seorang menteri Chile terjangkit covid-19 muncul saat negara tersebut mencatat tambahan hampir 5.000 kasus covid-19 dalam satu hari pada Senin kemarin.

Menteri Pekerjaan Umum Chile Alfredo Moreno mendapat kabar tersebut saat sedang mengkarantina diri sendiri.

“Saya telah diberi tahu bahwa hasil tes covid-19 yang saya ambil beberapa hari lalu positif,” tulis Moreno di Twitter, dilansir dari laman CGTN, Selasa 26 Mei 2020. Ia menambahkan dirinya tidak menunjukkan gejala apapun sejauh ini.

Pria 63 tahun itu sudah bekerja dari rumah sejak salah satu stafnya dinyatakan positif covid-19.

Tiga menteri lainnya, yang juga mengkarantina diri sendiri usai melakukan kontak dengan individu positif, dinyatakan negatif covid-19 dan sudah kembali bertugas seperti biasa.

Satu hari sebelumnya, Presiden Sebastian Pinera mengatakan bahwa sistem kesehatan di Chile berada di bawah tekanan dan “sedikit lagi mencapai batas maksimal.” Ia mengatakan sekitar 1.000 orang tengah dirawat terkait covid-19 di seantero Chile.

“Ada lonjakan yang sangat besar terhadap permintaan layanan kesehatan, tempat tidur di unit perawatan intensif, dan ventilator,” kata Pinera dalam kunjungan ke sebuah rumah sakit di Santiago.

Sepertiga dari total 19 juta warga Chile diminta berada di dalam rumah di bawah kebijakan penguncian wilayah (lockdown). Ibu kota Chile, Santiago, adalah episentrum penyebaran covid-19 di negara tersebut.

Pekan kemarin, Senat Chile ditutup usai tiga senator dinyatakan positif covid-19. Sejak saat itu, semua sesi di senat digelar melalui konferensi video.

 

 

 

 

 

Sumber : .medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *