Wapres Sudan Selatan Positif Covid-19

Wakil Presiden Sudan Selatan Riek Machar dinyatakan positif mengidap virus korona (covid-19). Dilansir dari BBC, Selasa 19 Mei 2020, ia mengaku tidak merasakan gejala apapun namun akan tetap mengisolasi diri selama 14 hari.

Istri sang wapres, yakni Menteri Pertahanan Angelina Teny, dan beberapa pengawalnya juga dinyatakan positif covid-19.

Machar menjalani tes covid-19 pada 13 Mei lalu. Tes dilakukan usai salah satu anggota gugus tugas penanganan covid-19 di Sudan Selatan terjangkit virus tersebut.

Hingga pekan kemarin, Machar masih menjadi salah satu anggota gugus tugas Sudan Selatan.

Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins pada Rabu ini, totak kasus covid-19 di Sudan Selatan berada di angka 290 dengan 4 kematian dan 4 pasien sembuh.

Pekan kemarin, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa sedikitnya ada dua orang di kamp Sudan Selatan yang terjangkit covid-19. Hal ini menimbulkan kekhawatiran mengenai potensi mewabahnya virus tersebut di kamp-kamp yang dipadati banyak orang.

Negara di benua Afrika dengan angka kasus tertinggi adalah Afrika Selatan, yang diikuti Mesir dan Aljazair.

Saat ini, berdasarkan data Worldometers, total kasus covid-19 di Afsel berada di angka 16.433 dengan 286 kematian dan 7.298 pasien sembuh. Sementara di Mesir dan Aljazair, angka kasus masing-masing mencapai 12.764 dan 7.201.

Lesotho sempat menjadi negara satu-satunya di Afrika yang tidak terkena covid-19, sebelum akhirnya mengonfirmasi kasus perdana belum lama ini.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *