Musisi Hit Era ’70-an, Betty Wright Meninggal Dunia

Musisi soul dan R&B yang hit dengan lagu Clean Up Woman di era ’70-an, Betty Wright meninggal dunia pada Minggu (10/5) waktu Amerika Serikat.

Diberitakan Billboard, musisi tersebut meninggal di Miami karena kanker pada usia 66 tahun.

Lahir dengan nama Bessie Regina Norris pada 21 Desember 1953, Wright mulai menggunakan nama panggung sejak anak-anak.

Dengan saudaranya, ia mulai bernyanyi di kelompok paduan suara gereja bernama the Echoes of Joy pada usia dua tahun.

Bersama grup itu, ia merilis sebuah album pada 1956 kala usianya tiga tahu.

Ia beralih ke musik R&B pada usia 11 dan mulai bernyanyi di kompetisi musik lokal di Miami. Ia kemudian masuk label rekaman pada usia 12.

Album pertama Betty Wright, My First Time Around, dirilis saat usianya 14 tahun dan berhasil mengirimkan salah satu lagunya, Girls Can’t Do What the Guys Do dalam jajaran Top 40.

Nama Betty Wright menjadi sorotan luas kala merilis Clean Up Woman melalui album keduanya, I Love the Way You Love pada 1971.

Lagu itu berhasil mencapai puncak di posisi 6 dalam jajaran tangga lagu Billboard Hot 100 dengan penjualan lebih dari sejuta kopi.

Beberapa tahun kemudian, Betty Wright turut terlibat dalam lagu bernuansa disko, Where Is the Love dengan Harry Wayne Casey dan Richard Finch dari KC & the Sunshine Band.

Berkat proyek itu, Betty Wright berhasil membawa pulang sebuah piala Grammy Awards untuk kategori Best R&B Song.

Pada era 2000-an, Betty Wright kembali melalui penampilan di acara Making the Bank dengan menjadi mentor atas grup Danity Kane.

Selain sebagai penyanyi, Betty Wright juga terlibat dalam proyek vokal untuk musisi lainnya, seperti Jennifer Lopez, Gloria Estefan, dan Joss Stone.

Diberitakan Variety, Betty Wright dan Questlove of the Roots sempat menggarap sebuah album pada 2011, Betty Wright: The Movie. Album itu adalah yang pertama dari Wright dalam 10 tahun.

Lagu Surrender dari album tersebut sempat mendapatkan sebuah nominasi Grammy Awards untuk kategori Best Traditional R&B Performance.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : cnnindonesia.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *