Polandia Undur Pilpres Karena Pandemi Covid-19

Pemilihan presiden di Polandia diundur lantaran pandemi virus korona (covid-19). Pilpres di Polandia awalnya dijadwalkan pada 10 Mei mendatang.

Pengunduran pilpres disepakati setelah partai penguasa menyetujuinya. Pasalnya, melihat situasi saat ini tidak memungkinkan kegiatan pilpres tetap berlangsung.

“Ketua Parlemen akan mengumumkan Pemilihan Presiden yang baru sesegera mungkin,” ujar pemimpin Partai Hukum dan Keadilan (PiS) Jaroslaw Kaczynski, dilansir dari AFP, Kamis 7 Mei 2020.

Pengunduran pilpres pertama kali diumumkan Mahkamah Agung Polandia. Meski demikian, belum ada tanggal baru yang diumumkan ke publik.

Sebelumnya memang sudah ada tekanan untuk mengundurkan pemilihan presiden di Polandia, baik dari pihak oposisi, maupun di dalam PiS sendiri. Namun, tetap ada yang menentang penundaan pilpres ini.

Beberapa anggota parlemen PiS menentang penundaan. Kemungkinan PiS berpeluang kehilangan suara yang sudah unggul tipis akibat situasi ini.

Namun, menurut jajak pendapat, petahana Presiden Andrzej Duda yang berkoalisi dengan PiS dapat meraih lebih dari 50 persen suara pada putaran pertama.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Lampung Post

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *