Putin Beri Medali Penghargaan untuk Kim Jong-un

Pemerintah Korea Utara membangun tugu peringatan setinggi 30 meter untuk memperingati tentara Soviet yang gugur dalam membebaskan Korea dari penjajahan Jepang. Tugu itu dikenal dengan nama Monumen Pembebasan.

Terkait hal tersebut, Presiden Rusia Vladimir Putin menganugerahi pemimpin Korut Kim Jong-un sebuah medali penghargaan untuk memperingati 75 tahun Hari Kemenangan Uni Soviet dalam Perang Dunia II.

Dilansir dari Sputnik, Duta Besar Rusia di Korea Utara Alexandra Matsegora menyerahkan medali itu kepada Menteri Luar Negeri Korut Lee Song Gwon di Aula Majelis Mansudae, Pyongyang, Selasa 5 Mei 2020.

Surat dekrit Putin itu diunggah ke laman Facebook oleh Kedutaan Besar Rusia di Pyongyang.

Dalam pernyataan Kedutaan Besar Rusia, Kim Jong-un dianugerahi atas jasanya berkontribusi mengenang para tentara Soviet yang gugur dan dimakamkan di Korut.

Monumen Pembebasan itu cukup terkenal di Pyongyang. Monumen itu dibangun pada 1947 untuk memperingati Tentara Merah yang gugur dalam pertempuran untuk membebaskan Korea dari penjajahan Jepang di masa akhir Perang Dunia II.

Kim Jong-un sendiri pertama kalinya ke Rusia pada akhir April 2019, ketika dia bertemu Presiden Vladimir Putin di Kota Vladivostok. Putin menyebut pertemuan dengan Kim sangat menarik.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *