KBRI Moskow Pulangkan 16 WNI dari Rusia ke Denpasar

KBRI Moskow memulangkan 16 WNI yang terdiri dari 12 mahasiswa dan empat pekerja migran dari Rusia ke Bali, Indonesia pada Minggu (3/5) dini hari. Para WNI ini berangkat dari bandara Sheremetyevo menumpang pesawat Rossiya Airlines.

Dubes Indonesia untuk Rusia, M Wahid Supriyadi mengatakan sebagian mahasiswa pulang karena telah merampungkan studi. Sementara lainnya akan melakukan kegiatan kuliah secara daring dari Indonesia.

“Mahasiswa yang pulang berasal dari St. Petersburg, Rostov, Arkhangels, dan Tambov. KBRI Moskow membatu kepulangan para WNI bekerja sama dengan pemerintah Rusia dan Rossiya Airlines,” ujar Wahid dalam keterangan resmi.

Sementara empat lainnya yang merupakan pekerja migran bekerja sebagai terapis spa di Moskow yang ditutup selama masa karantina. Keempat pekerja migran asal Indonesia ini berharap bisa kembali bekerja setelah situasi kembali normal.

Nantinya, penerbangan Rossiya Airlines akan kembali dari Denpasar untuk merepatriasi warga Rusia di Bali pada 4 Mei menuju St Petersburg dan Moskow.

Kepulangan 16 WNI kali ini merupakan rombongan kedua setelah kepulangan dua mahasiswa dan dua terapis spa pada 16 April lalu.

Sejak 27 Maret lalu, Rusia elah menangguhkan sementara penerbangan internasional, kecuail penerbangan khusus seperti repatriasi warga Rusia dari luar negeri.

Mengutip laporan Worldometers, saat ini Rusia memiliki 145.268 kasus Covid-19 dengan 18.095 pasien sembuh dan 1.356 meninggal dunia.

Sementara itu, KBRI Moskow melaporkan lima mahasiswa asal Indonesia di Rusia dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Wahid mengatakan tiga mahasiswa berasal dari St Petersburg dan dua dari Moskow.

“Ada lima orang, semuanya mahasiswa. Seakrang dalam perawatan rumah sakit khusus di Moskow. Kondisinya stabil dan keluarga sudah diberi tahu,” ujar Wahid.

Bertambahnya WNI di luar negeri yang positif corona menjadikan saat ini total ada 681 orang, 246 dinyatakan sembuh dan 34 meninggal. Saat ini ada 401 WNI di luar negeri yang masih melakukan perawatan Covid-19.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *