Spanyol Masuki Fase Normal Baru di Akhir Juni

Pemerintah Spanyol mengumumkan rencana empat tahap pencabutan kebijakan penguncian wilayah (lockdown) terkait pandemi virus korona (covid-19). Melalui rencana tersebut, Spanyol ingin memulai “fase normal baru” di akhir Juni mendatang.

Perdana Menteri Pedro Sanchez mengatakan, nantinya setiap wilayah di seantero Spanyol akan melonggarkan lockdown dengan skema dan kecepatan berbeda.

“Tergantung pada tingkat keparahannya,” kata Sanchez, dilansir dari BBC, Rabu 29 April 2020.

Empat pulau di Spanyol akan menjadi wilayah pertama yang melonggarkan lockdown mulai 4 Mei mendatang. Sisa wilayah di Spanyol lainnya akan mengikuti sepekan kemudian.

Wabah virus korona telah menjangkiti 232.128 orang di Spanyol, dengan 23.822 di antaranya meninggal dan 123.903 telah dinyatakan sembuh.

Sejak 14 Maret lalu, Negeri Matador telah menerapkan lockdown ketat demi meminimalisasi penyebaran virus korona. Saat itu, anak-anak dilarang ke luar rumah.

Namun belum lama ini, anak-anak di Spanyol sudah diizinkan bermain di luar meski hanya boleh selama satu jam dan didampingi orang tua.

Jumlah kasus dan kematian akibat covid-19 di Spanyol terus menurun. Jumlah infeksi baru di Spanyol pada Selasa kemarin tercatat 1.308, yang merupakan angka terendah sejak negara tersebut mendeklarasikan status darurat nasional pada 14 Maret.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *